Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (2)


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Aries (Motor Plus) - otomotifnet.com

BALANSING PELEK


Jeruji haram kendur agar tak putus

Beres urusan ban, Dodi Yanto nyaranin cek kesiapan pelek. Pastiin pelek gak oleng dan balans. Sebaiknya dibawa ke tukang pelek. Sebab, jika ada masalah ia bisa perbaiki. Tapi, untuk mengecek bisa dilakukan sendiri. Untuk pelek jari-jari (spoke wheel) periksa kekencangan jeruji. Di pelek racing (casting wheel), liat aja oleng atau nggak.


Jika spidol tersentuh, berarti pelek oleng

"Caranya, bikin patokan dari spidol di sokbreker. Putar roda. Jika spidol tadi tersentuh, berarti pelek oleng," papar pria ngantor di daerah Gajah Mada, Jakarta Pusat itu. Olengnya roda pun bisa disebabkan laher (bearing) roda. Ini bisa dideteksi dengan menggoyang roda ke kiri dan kanan.


SUSPENSI


Jarak insulock ke tabung sokbreker menentukan jarak main per

Jika ban dan pelek udah rapi, lanjut cek kerja suspensi. Buat mudik, sokbreker boleh disetel lebih keras. "Itu jika beban yang diangkut lebih berat dari biasanya. Kalo gak, ya gak usah. Sebab pabrik udah ngitung toleransinya, mulai dari ban, pelek dan suspensi diset buat ngangkut beban berapa," urai Dodi Yanto.

Biar pasti, cek dulu rebound sokbreker. Ini dipengaruhi pernya. Cek sok depan dengan memasang insulock atau tie-red di batangnya. Tekan sekeras-kerasnya sambil mengunci rem depan. Insulock akan bergerak naik. Jarak antara insulock dengan tabung sok adalah jarak main peredam kejut.

Jika sok depan dirasa terlalu empuk, perkeras dengan nambah ring 1 sampe 2 mm. "Boleh juga tambah minyak sokbreker. Tapi cukup 5 ml aja. Dan sebaiknya, ganti dulu minyak sok dengan yang baru, setelah itu ditambah," anjur Rainer M. Sitorus, Senior Manajer Service Department PT Kawasaki Motor Indonesia. Buat sokbreker belakang, jika beban tambahan cukup banyak, bisa diperkeras dengan memutar 1 atau 2 tingkat kekerasan per.



Sponsored Links

Rajin servis,asap tipis, emisi rendah..
Penerapan uji emisi bagi ken­daraan, membuat penggu­nanya harus menjaga kondisi mesin tetap prima, p...

Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang
Saat enak-enaknya bermanuver di tikungan, Putra Santoso pembesut skutik Suzuki Skywave 2008 merasaka...

PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN POMPA BENSIN
1. Pemeriksaan


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru