Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Dampak Pindah Gigi Kasar


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: KR15/GT



Gbr.1

Secara sadar atau tidak, banyak pengguna motor bebek melakukan pindah gigi sangat kasar. Tuas persneling diijak dan dilepas mendadak seperti pembalap. Padahal pembalap beneran kan dilengkapi kopling manual.

Jika kerap diinjak tanpa disengaja, kelamaan persneling malah jadi sulit pindah gigi. "Itu karena peranti pemindah gigi aus. Padahal kalau tahu, fungsi tuas persneling selain untuk atur gigi juga sebagai tuas kopling. Sehingga motor nggak loncat alias lebih halus berjalan," jelas Slamet Edi mekanik Selta Motor.

Jika penggunaan seperti itu, biasanya tuas persneling jadi lemah karena ada yang terkikis. Alhasil, fungsinya tidak maksimal.

Kalau sudah begitu, komponen paling cepat diserang dan mesti segera diperbaiki adalah per pendukung tangkai pengait gigi drum persneling (gbr.1). Sebab kalau sudah lemah, biasanya proses pindah gigi malah jadi suka miss.

"Itu belum termasuk celah lubang di tangkai penggeser drum pemindah gigi matahari jika ikutan terkikis. Itu juga bikin susah masuk gigi meski tangkai persneling sudah ditekan dalam," lanjut mekanik dari Jl. Batu Ampar II, Condet, Jakarta Timur.


gbr.2

gbr.3

Komponen lain yang kena serang adalah rumah bola penekan kopling manual. Meski jarang rusak, tapi kalau penggunaan kasar biasanya bola penghantarnya jadi cepat aus (gbr.2). Dan kalau sudah tidak bundar, daya tekan ke per kampas kopling jadi tidak maksimal. Selain susah diajak pindah gigi, biasanya juga keras.

Bukan cuma itu. Pegas stopper penahan dan pengatur gigi matahari di drum juga bisa ikut lemah (gbr. 3). Kalau sudah sampai begitu, perseling jadi gampang pindah sendiri. Iiii..., ngeri!

Sumber : Penulis/Foto: KR15/GT - otomotifnet.com



Sponsored Links

Ganti membran pair Satria FU agar tidak Dar-Der-dor!
Motormania lain pasti ogah mengalami hal seperti Viv Yanto, warga Tangerang, Banten. Bayangin aja, l...

Honda Tiger Berubah Wajah Jadi Streetfighter R6
Setelah setahun vakum, Rexindo Auto Custom (RAC) muncul kembali di belantika modifikasi sepeda motor...

Service Guidance - Bikin Aliran Oli Baru Pada Suzuki Smash
Rantai keteng Suzuki Smash 110 mudah kendur. Umur penggantian lebih cepat dibanding motor lain. Waja...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru