Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - menyetel komstir Suzuki Thunder 125?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx

Ada yang aneh dirasakan Caesar Reza pada tunggangannya, Suzuki Thunder 125. Ceritanya begini, beberapa waktu lalu Reza baru saja mengalami kecelakaan kecil yang mengakibatkan segitiga depan miring karena menabrak pembatas jalan.

 

Atas kejadian itu, ia lantas membawa motornya ke bengkel. Singkat cerita, Thundie pun sehat kembali begitu kelar direhab. "Tapi ada yang aneh. Setelah dipakai 1 bulan, kekencangan komstir berubah sendiri," jelas pria berkulit putih ini.


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

Setelah dianalisis, ternyata biang keroknya datang dari komstir. "Mur pengencang komstir Thunder hanya ada satu (gbr.1). Beda sama bebek atau skutik yang ada dua," jelas Khalif dari bengkel KBX Motor di daerah Pondok Aren, Jaksel.

 

Sebenarnya mur komstir bawaan Thunder yang hanya satu itu gak masalah, namun lain cerita kalau segitiga depan sudah enggak 'perawan' alias pernah tabrakan. Komstir bisa longgar atau kencang sendiri akibat posisi kaki-kaki yang sudah enggak sinkron.

 

Walaupun sudah dipres berkali-kali, hal itu enggak menutup kemungkinan hilangnya gejala komstir Thunder kenceng kendur sendiri. "Yang namanya press body, kepresisian segitiga depan enggak bakal kembali 100 persen," tambah Khalif.

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

Lantas, gimana cara mengatasinya? Nah, Buat para Thundermania yang merasakan hal sama, Khalif mau berbagi trik mengatasi komstir motornya Farhan ini. Modalnya hanya lem sealant yang biasa dijual Rp 5.000-10.000-an. Langsung saja ya!

 

Pertama buka baut pengikat sok depan dengan bantuan kunci 12 (gbr.2). Dari sini, lanjutkan dengan membuka baut yang ada di tengah-tengah segitiga depan pakai kunci 22 (gbr.3). Dari sini, langsung angkat segitiga depan dari dudukannya.


gbr.5

 

 

Sampai sini, dipastikan mur komstir (gbr.4) sudah dapat terlihat. Buka peranti tersebut dengan bantuan kunci min dan palu.

 

Nah, kalau sudah lepas, langsung berikan lem sealant pada bagian tutup pelor rumah komstir.

 

Langsung pasang lagi mur komstir dan kencangkan seperti semula. Eits belum selesai! Olesi lagi lem sealant pada bagian atas mur komstir (gbr.5) sebelum akhirnya segitiga depan dipasang lagi.

 

"Usahakan saat memasang peranti tersebut agak cepat, agar lem tidak keburu mengering," wanti Khalif

 

Jangan lupa mengencangkan mur-mur yang sejak awal sudah dilepas. "Kalau kekencangan komstir dirasa kurang pas, silakan mengencangkan mur tersebut dengan cara seperti biasa," tutup mekanik humoris ini. 

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Subtitusi kampas kopling satria 2 - tak ke Smash?
Memang enggak enak kalau lagi kerja diadang masalah.áPikiran jadi kacau. Hal inilah yang dialami Bay...

Mau Moge Italia? Nih Benelli Cafe Racer 889
Bosan dengan motor gede atau moge buatan Jepang? Mungkin Cafe Racer 889 dari Benelli ini boleh jadi ...

Problem Solving - Mika lampu bisa berembun dan tergenang air?
Bagi Herlan, warga Tanjung Duren, Jakbar, paling sebal melihat mika lampu depan di motornya ada embu...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru