Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Skutik - Rawat tali gas skutik, hindari nyelonong sendiri karna bisa berbahaya!!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Akibat tali gas (gbr.1) nyangkut, Bambang pemilik Yamaha Mio 2008 ini hampir celaka. Maklum, saat grip gas dipelintir, eh ogah balik lagi. Alhasil, skutik itu pun meraung keras dan nyelonong. Untung Bambang masih bisa meng-handle.

 

Tali gas pada skutik memang me­rupakan peranti penting. Karena pengoperasian besutan ber-CVT itu di situ. "Kan skutik enggak ada me­kanisme pemindah giginya, enggak kayak bebek atau sport. Kalo tali gasnya nyangkut, ya otomatis bisa ngacir sendiri," kata Joko Sutopo, mekanik Sinergi Motor (SM).

 

 


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

Wah kalo sudah kayak gitu, ba­ha­ya kan? Makanya, Bambang pun min­ta bantuan Joko untuk mengatasi be­sutannya. "Itu sih gampang. Tali gas nyangkut biasanya karena kinerja ka­wat bajanya seret, jadi mesti di­ber­sihin," sahut Joko.

 

Masih kata mekanik yang bengkelnya ada di Jl. M. Yusuf Raya No.55, Depok Dua, Jabar ini, peranti itu harus rajin dirawat. Terlebih di musim hujan, karena karat yang disebabkan oleh air itu bisa mengganggu kerja naik-turun kabel gas.

 

Efeknya, jarum skep pada vakum di karburator tak mudah turun seperti sediakala. "Selain itu RPM pun tak turun dan gantung terus" jelas Joko sembari bilang, sebelum kawat bajanya putus, mending segera dilumasi agar kembali lancar.


Gbr 5

Caranya mudah. Siapkan aja alat kerjanya; obeng plus, kunci pas ukuran 12, T-10, bensin, plastik dan karet.

 

Tahap awal, Joko membuka baut yang mengunci di dek mesin, dek kolong sepatbor, dek bawah mesin dan batok lampu depan (gbr.2). "Buka baut dek pakai obeng plus, ya," pesan mekanik ramah ini.

 

Lalu copot jok dan bagasi memakai kunci T-10 (gbr.3). Lalu lepas baut pengancing tali gas di karburator pakai kunci 12 pas (gbr.4).

 

Terus buka baut rumah tali gas yang menempel di setang dengan obeng plus. Kalau tali gas sudah lepas, kasih plastik yang diikat karet.

 

 

Baru siram bensin secukupnya ke dalam tali gas yang sudah diplastikin tadi (gbr.5). "Biar kotorannya keluar, maka tali gasnya dikocok-kocok, ya," tutur mekanik berjenggot ini. Lakukan hal itu sampai kabel baja dalam tali gas bergerak lancar.

 

 

Gambar 5

Gbr 5

 

 

Jika sudah oke, silakan rapikan lagi komponen-komponen yang sudah dilepas tadi. Langkahnya, kebalikan waktu membuka tadi. "Ingat, rajin-rajin merawat tali gas, lo. Karena itu menyangkut keselamatan juga, tuh!" wanti Joko lagi.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Yamaha Mio - Cek 3 poin jika Mio bore-up over heat!
Ingin performa harian Yamaha Mio semakin cihuy? Pasti pada setuju, kalau cara yang paling tepat adal...

MERAKIT KEMBALI
Catatan: - Pastikan semua komponen yang akan dirakit (dipasang) sudah dalam keadaan bersih. - ...

Service guidance - Setel kopling Honda Blade bro?
Varian bebek 110 PT Astra Honda Motor (AHM); Honda Blade emang masih terbilang baru di blantika pasa...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru