Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Special Tools - Jurus mudah membongkar motor di rumah?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Reza

Gambar

 

 

 

 

 

Mau ganti laher atau memotong rantai motor kesayangan? Sekarang bisa dilakukan mudah, lo! Tak perlu gedar-gedor pake palu lagi yang justru bisa merusak dudukan bearing atau rantai. Caranya? Ya tentu saja pakai special tools, dong! Nah, beberapa alat bantu yang dimaksud, kini ditawarkan Mitra2000.

 

Tak lain, semua itu untuk membantu mengatasi masalah di atas. Di antaranya, ada peralatan untuk membongkar pasang mesin, hingga peralatan untuk pengerjaan bagian kaki-kaki. Asyiknya, 'perkakas' itu juga sangat mudah penggunaanya.

 

"Tinggal dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Malah buat orang awam pun bisa menggunakanya dengan gampang," terang Benny Rahmawan, director R&D Mitra2000 di Lodan Center, Jakut.

 

Gambar 1

 

 

 

 

Harga peranti itu tergantung jenisnya. Sebab ada yang dijual sepaket atau per set. Misal alat buat mencabut laher (combination bearing puller set). Heavy duty crank box pulley and gear puller set atau alat buat melepas cover mesin dan girboks.

 

"Bahkan ada juga alat yang disebut master combination engine tool kit atau peralatan untuk melepas dan memasang per klep yang harganya berkisar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta," lanjut pria berperawakan gempal ini.

 

Lainnya, peralatan yang berdiri sendiri seperti, engine timing chain breaker and riveting tools atau alat untuk memotong keteng dan rantai roda. "Banderolnya berkisar Rp 500.000-750.000," jabar pria yang jago memperbaiki sokbreker ini.

 

Berikutnya, ada beberapa peralatan untuk penyetelan timing; engine limp W/dial gauge needle dan peralatan untuk ngecek derajat pulser pengapian atau timing degree wheel gauge.

 

Gambar 2

 

 

 

 

Tak ketinggalan, tersedia pula alat untuk membalans roda motor (pelek racing) yang disebut wheel balance stand. Bahkan peranti itu juga berfungsi sebagai alat bantu untuk memasang jari-jari roda di besutan. Jadi lebih simpel, kan?

 

Sumber :Penulis/Foto : Reza - otomotifnet.com



Sponsored Links

Knalpot Racing Vespa Marak Lagi
Vespa pakai knalpot racing bukan hal baru. Tren ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Hanya, dul...

Memilih Sokbreker - Cara tepat memilih sokbreker aftermarket?
Kurang puas dengan performa suspensi kendaraan? Paket suspensi aftermarket telah tersedia banyak di ...

Modification guidance - Pasang air scoop Jazz?
Selain menambah sporty dalam penampilan, berfungsi guna menangkap angin sewaktu mobil berjalan untuk...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru