Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Substitusi Part Motor - Substitusi part Minerva 150R..?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: oct/uky

Gambar

 

 

 

Seperti motor lain, Minerva 150R dengan pemakaian secara berkala, tentu membuat beberapa perantinya aus. "Akibatnya performa menurun, suara mesin jadi lebih berisik," bilang Hasan dari San Speed, di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

 

Nah untuk urusan yang satu ini (spare-part maksudnya) selain ada part orisinal yang dijual oleh dealer resmi Minerva, juga tersedia komponen substitusinya dari motor lain. Mau tahu, simak deh yang berikut.

 

Gear Set

Gambar 1

 

 


Rantainya berukuran tebal 428H dan panjangnya 128 mata. Itu sama dengan bawaan Honda Mega Pro. Begitu juga gear depan-belakangnya bisa manfaatkan produk Honda itu. Soal harga Rp 230 ribu (orisinal Mega Pro) dan Rp 220 ribu (KW).

 

 

 

Kampas Rem

Gambar 2


Kalo peranti ini, tentu bisa mengandalkan punya bebek. Salah satunya bawaan Honda Supra X125. Karena sistem dan modelnya sama. Orisinalnya dibanderol Rp 34 ribu. Sedang menebus onderdil KW-nya, tinggal rogoh kocek Rp 15 ribu.

 

Kampas Kopling


Untuk ganti part ini, ternyata bisa dilakukan dengan mencomot milik Honda Supra Fit. Soal harga beli komponen aslinya yang dipakai Supra Fit, tinggal bayar Rp 80 ribu dan yang KW-nya Rp 60 ribuan.

 

Per Kopling

 


Di 150R, perangkat yang berfungsi sebagai penekan kampas kopling ini jumlahnya 5 buah. Tapi bila dilihat dari tingginya yang 35 mm, per kopling 150R bisa pakai punya Honda GL Pro. Aslinya GL Pro dijajakan Rp 10.200/buah. Jadi kalau dikalikan 5, sama dengan Rp 61 ribu.

 

Keteng


Jumlah mata rantainya di 150R ada 98 mata. Nah milik Honda Supra Fit bisa diandalkan sebagai substitusi. Di toko onderdil motor, harga keteng orisinal Supra Fit Rp 30 ribuan.

 

Piston

Gambar 3


Lagi-lagi bisa mengadopsi milik Honda GL Pro. Hal tersebut karena setelah dilakukan pengukuran, diameter seher sama-sama 61 mm. Pun demikian soal garis tengah pin, yang ternyata seukuran (15 mm). Bila beli yang orisinal, siapkan dana Rp 373 ribu (piston standar). Bila sekalian ganti pin, maka tambahkan Rp 82 ribu.

 

CDI


Bila onderdil dalaman banyak pakai barang Honda, maka di pengapian orisinal 150R yang pakai merek BRT bisa pakai bawaan Suzuki. Dengan pick-up pulsar 14 mm, maka CDI Shogun 110 lawas yang bisa dipakai. Selain itu, juga bisa pakai CDI aftermarket BRT tipe Hyperband untuk Shogun 110. Harganya Rp 400 ribu.

 

Sumber :Penulis/Foto: oct/uky - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service guidance - Perawatan sok belakang Yamaha Scorpio?
Bicara suspensi belakang, sok tunggal atau monosok sering dicap lebih oke dibanding model twin sok. ...

Service Guidance - Service GGuidance
Bukan cuma petinju yang knocked out (KO) setelah adu jotos di atas ring. Lampu rem juga bisa padam l...

Yamaha V-Ixion - Upgrade performa v-Ixion model add - on..
Yamaha V-Ixion yang mengusung pasokan bahan bakar injeksi, kerap menyulitkan tuner dalam meningkatka...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru