Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Subtitusi kampas kopling satria 2 - tak ke Smash?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

Memang enggak enak kalau lagi kerja diadang masalah. Pikiran jadi kacau. Hal inilah yang dialami Bay Iskandar. Gara-gara Suzuki Smash 110 cc keluar­an 2005 miliknya problem, sebagai sales, ia jadi enggak bisa bekerja deh.

 

 

Kenapa sih, motornya? Oh ternyata terdengar bunyi ngaung. Takut kenapa-kenapa, warga Kemanggisan, Jakbar ini langsung memboyong tunggangannya itu ke dealer Suzuki Daan Mogot, Jakbar. "Saya takut makin parah. Makanya saya bawa ke bengkel resmi aja," ujarnya.


Gambar 1

Gbr 1

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

 

Gambar 3

Gbr 3

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

Sesampainya di dealer Suzuki itu, Bay bertemu Ferri. Sesudah mendengar penjelasan Bay, mekanik ramah itu segera mengeceknya.

 

Selesai dideteksi, ternyata kampas koplingnya (KK) habis (gbr.1). "Biar awet, ganti KK Suzuki Satria 2-Tak aja. Bisa bertahan lama lo, pemakaiannya," saran mekanik ini. Untuk fisiknya, KK Satria sama dengan Smash, hanya KK Satria lebih tebal dan rapat dibanding punya Smash (gbr.2).

 

Fungsi KK adalah pendukung proses transfer tenaga dari hasil kerja mesin ke tramsmisi. "Efeknya apabila KK habis, besutan motormania akan selip. Nah, kalau sudah begitu motor akan terasa berat alias enggak ada tenaganya. Selain itu juga bisa bikin boros BBM," tambah Ferry.


Gambar 5

Gbr 5

 

 


Gambar 6

Gbr 6

 

 

Biar motomania tak mengalami hal tersebut, mending segera ganti. Mau tau proses pemasangannya? Mari kita lihat yang dilakukan Ferri pada besutan Bay.

 

Sebelum dibongkar, siapkan dulu perkakas yang dibutuhkan; kunci ring 12 & 10, T-8, T-10 dan kunci ring 19.


Gambar 7

Gbr 7

 

 

 

 

Pertama buka dulu 2 baut pengikat footstep atau pijakan kaki pakai kunci ring 12 (gbr.3). "Lalu copot 2 baut knalpot mengunakan kunci ring 10," ucap mekanik itu sambil melepaskan satu baut kick starter dengan kunci ring 10 (gbr.4).

 

Kalau sudah, baru buka baut bak kopling sebanyak 12 buah (gbr.5). Selanjutnya lepas satu baut rumah otomatis ukuran 19 pakai kunci ring tadi (gbr.6).

 

Baru buka bearing dan stut kopling. "Jangan lupa, copot baut per kopling menggunakan kunci T-10 (gbr.7) dilanjutkan pasang KK Satrianya," tuturnya.

 

Oh ya, soal harga, KK Satria lebih mahal dibanding KK Smash. "Punya Satria Rp 49.500, sedang yang orsinal Smash Rp 26.500. Meski lebih mahal, tapi lebih awet," tutup Ferri. Sudah beres, pasang kembali peranti yang sudah dibongkar tadi. Hasilnya, Bay jadi bisa kerja lagi deh.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Lebih Baik Filter Standar Tapi Bersih
Setidaknya ada empat sebab performa mesin turun dan konsumsi bahan bakar jadi boros, karena sentuhan...

Service Guidance - Kampas Rem Belakang Murah buat Jupiter Z
Bebek Yamaha keluaran terbaru seperti New Vega, New Jupiter Z dan Jupiter MX dari lahirnya sudah dib...

Upgrade Performa Kawasaki KLX 150S, Katrol 7 dk Dengan Rp 3,5 Juta
Hadirnya Kawasaki KLX 150S, bisa jadi obat rindu bagi trail-mania Tanah Air. Karena dimensi motor ga...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru