Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mekanik Transmisi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Sutarno

Transmisi disebut juga pemindah gigi yang dapat bekerja oleh beberapa peralatan, antara lain:


a. Gear shift fork kiri, kanan dan tengah (roda gigi lengan garpu),
b. Gear shift drum (roda gigi silinder garpu).
c. Shift drum stopper (penghenti silinder garpu),
d. Gear shift positive stopper (penghenti roda gigi garpu positip).

 

 

Pada saat pedal pemindah roda gigi transmisi ditekan maka poros roda gigi garpu akan berputar dan menyebabkan pula berputamya roda
gigi silinder garpu, dengan berputamya silinder garpu akan menggerakkan
garpu pemindah gigi ke arah pergerakan jalur yang ada pada silindcr
garpu, sehingga gigi transmisi yang berhubungan dengan garpu pemindah,
akan bergerak sesuai dengan pergerakan garpu pemindah pada jalur
sehingga proses perpindahan gigi akan berlangsung sesuai dengan
perpindahan gigi yang dikehendaki.

 

 


Berikut ini adalah skema sistem transmisi (persneling) dari Honda
dengan 4 kecepatan:

 

Proses cara kerjanya adalah sebagai berikut :

Kecepatan satu:
Gigi geser C3 didorong mengikuti arah panah sampai tonjolan-tonjolan
penghubungnya masuk ke dalam lubang-lubang di dalam sisi roda gigi bcbas C1

Kecepatan dua:
Roda gigi geser C3 dilepaskam dari C1, roda gigi geser M4 digeser
ke roda gigi bebas M2 sampai bergabung dengannya.

Kecepatan tiga:
Roda gigi geser M4 digeser lepas dari M2, mengikuti arah panah sampai bergabung dengannya.

Kecepatan empat:
Rode gigi geser M4 dilepaskan dari M3, roda gigi geser C3 digeser
mengikuti panah sampai bergabung dengan roda gigi bebas C4

 

a. Poros utama (main shaft)
M1 = gigi mati
M2 = gigi bebas
M3 = gigi geser mati
M4 = gigi bebas
M5 = gigi mati

 

b. Poros lawan (counter shaft)
C1 = gigi bebas
C2 = gigi bebas
C3 = gigi bebas
C4 = gigi mati geser

 

Apabila kita akan mengoper/memindah gigi ke gigi satu, hal ini berarti gigi C1 harus mendapat putaran dari poros utama,oleh karena itu gigi C1 harus dibuat gigi mati, agar bisa memutarkan poros lawan, yaitu dengan cara menggeser gigi mati geser C4 ke arah gigi C1 agar dog pada gigi C4 masuk ke dalam dog hole pada gigi C1 sehingga gigi C1 akan berubah menjadi gigi mati.



Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Pasang Seat Belt Otomatis
Sebagian besar mobil baru dilengkapi dengan sabuk pengaman yang otomatis dapat menggulung sendiri. J...

Break in rem : Tahapan supaya cakram awet?
Sama layaknya inreyen dahulu kala, sistem pengereman juga membutuhkan inrijden atau yang biasa diseb...

Upgrade Performance - Mix dan match part PnP Honda Blade 110?
Lantaran mengusung spesifikasi mesin yang benar-benar baru dibanding produk Honda lainnya, wajar bil...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru