Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Tampil Fashion - memasang panel indikator indiglow Ninja 250!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Reza

Gambar 1

 

 

 

 

Panel indikator (spidometer dan lainnya) bernuansa indiglow tentu enggak selalu identik dengan mobil-mobil fashion. Bagi motormania, seperti pemilik Kawasaki Ninja 250 yang mau aplikasi gaya seperti itu juga bisa. Sehingga aura sporti makin kentara.

 

Seperti dibilang Wira Sentosa dari Specialis Auto Colour Speed (SACS), penyedia jasa pemasangan panel indiglow ini, "Sebenarnya gak repot, kok. Tinggal menambah plate atau tatakan dasarnya aja yang terdiri dari tiga bagian," kata pria berpostur langsing ini.

 

 

Gambar 2

 

Di antaranya, ada penunjuk rpm, spidometer dan indikator bahan bakar. Asyiknya, menurut pria yang buka gerasi di daerah Pondok Gede, Jaktim ini, harganya juga gak begitu mahal. "Cukup Rp 600 ribu plus jarum baru," tambahnya.

 

Enggak cuma itu. Motormania pemilik Ninja 250 juga bisa memesan khusus atau custom. Terutama jika menginginkan warna yang berbeda. "Bisa disesuaikan keinginan, agar besutan Anda jadi makin garang," tutur pria yang ahli merangkai komponen elektronik ini.

 

Apa, cara pasangnya? Gampang, kok. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Asalkan mau sedikit ngoprek! Oke, sebagai gambaran, berikut ini dipraktikkan di Ninin (panggilan Ninja). Tapi pastinya, sediakan dulu panel indiglow yang akan diaplikasi.

 

 

Gambar 3

 

Kunci-kuncinya antara lain kunci L-5, kunci pas ukuran 12 mm, serta obeng kembang. Langkah pengerjaanya sebagai berikut.

 

Lepaskan baut pengikat cover dan klem pengikat cover bawah yang terdiri dari 6 baut dengan kunci L-5 dan dua baut dengan obeng kembang serta 6 buah klem.


Cabut dua soket yang menghubungkan kelistrikan ke spidometer motor Anda.


Tanggalkan kabel spidometer. Lalu copot juga 4 buah baut pengikat spidometer pakai kunci pas 12 mm.


Setelah spidometer terpisah dari dudukannya, buka 4 buah baut pada bagian belakang spidometer memanfaatkan obeng kembang untuk melepas covernya.


Sambungkan kabel indiglow yang akan dipasang ke indikator lampu. Jadi, waktu lampu nyala spidometernya pun ikut nyala.


Selanjutnya tinggal lepas dua baut di plate spidometer yang lama dan tempel plate indiglow beserta jarumnya. "Kalau masih ingin pake jarum lama juga bisa. Tapi akan lebih menarik lagi jika jarumnya ikut diganti dengan yang bisa nyala," tambah Wira.


Sampai di sini, panel indiglow sudah terpasang. Anda tinggal mengujinya, apakah berfungsi? Kalau tidak, silakan diurut pekerjaannya. Jangan-jangan ada yang tertinggal langkahnya. "Atau kalo ogah ribet, kami siap membantu kok," tawar Wira lagi.

 

Sumber :Penulis/Foto : Reza - otomotifnet.com



Sponsored Links

Yamaha Scorpio - Scorpio Pakai Batok Lampu Mobil
Beberapa produk booster lampu membuat sinar lebih terang dibanding standarnya, termasuk Yamaha Scorp...

Service Hanger Pintu - Mencegah Bunyi Pintu Braak
Mendengar bunyi braak saat menutup pintu, banyak pemilik mobil menyalahkan karet pintu yang sudah au...

SARINGAN BENSIN SELANG BENSIN DAN TANGKI
1. Saringan bensin


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru