Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Umum -Cara Praktis Amankan Kaliper Rem


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Pidav

OTOMOTIFNET - Sungguh hal yang sangat menyakitkan jika kita kehilangan barang. Terlebih bagian yang sangat vital pada motor kesayangan, seperti kaliper rem. Maklum, membeli gantinya kita bisa ngerogoh kantong dalam-dalam. Sebab harga orisinalnya hampir Rp 1 juta.

Insiden ini pernah dialami Tinus Warman warga Kunciran, Tanggerang pada Suzuki Satria FU-nya, "Habis parkir di salah satu mal, kok ada yang aneh di rem depan gue. Pas dilihat, ternyata kalipernya raib!" ujarnya sedih plus bingung. Kemana itu perginya 'pala babi' ya? Dasar maling gak punya etika. Untung, masih ada rem belakang. Jadi pulang dari mal itu dia masih bisa ngerem. Tapi biar gak terulang lagi, Tinus terus mikirin solusinya yang efektif plus ekonomis.


Gbr 1                                                                 Gbr 2

Suherman dari bengkel Bem's Speed (BS) menyarankan agar ia mengganti baut orisinal dengan model lain. Karena milik stadarnya gampang banget dibuka. "Kalo ditukar dengan baut yang gak umum, kan agak susah dilepas dan ngerepotin maling," alasan Suherman. Maksudnya? "Misal pakai baut model bintang 6, terus ditutup lubang bintangnya," sahut Suhe, panggilan akrab Suherman (gbr.1). "Ini solusi yang simpel, tapi cukup bermanfaat, lo!" tambahnya sembari bilang metode itu kerap ia terapkan di motor konsumen.

Caranya? Kita siapin dulu kelengkapannya; kunci pas 12, kunci L bintang, lem Epoxy dan 2 buah baut bintang 6. "Lem dipakai untuk menambal lubang baut bintangnya agar gak bisa tembus sama maling. Kalo udah kering bakalan jadi keras dan kuat." Oh ya, lem itu terdiri dari 2 macam, Epoxy yaitu bahan utama lem dan hardenernya sebagai pengering lem (gbr.2). Sip deh. Sekarang kita praktik aja. Mulai dengan memarkir motor Anda pakai standar tengah. Setelah itu, buka 2 baut pengikat kaliper ke teleskopik sokbreker pakai kunci pas 12.


Gbr 3                                                                           Gbr 4

Kalo sudah copot, langsung pasang baut pengganti yang sudah disiapkan tadi. Lalu kita kencangkan baut bintangnya dengan kunci L, sambil memutar ke arah kanan sampai kencang (gbr.3). Kelar semua? Mari kita campur lem Epoxy dengan hardenernya dan diaduk hingga berwarna abu-abu. "Rasionya 1:1. Kalo lem kebanyakan jadi lama kering dan kalo hardenernya kebanyakan, hasilnya bisa retak atau pecah," wantinya. Setelah jadi, tutupi lubang baut bintang sampai rata (gbr.4). Beres, deh!

Lha, kalo mau ganti kampas rem gimana, dong? "Gampang, tinggal copot aja roda depan, terus keluarin deh kampas remnya tanpa harus melepas kaliper. Repot dikit, tapi kan kaliper gak ilang," terang Suhe dengan ramah.

Bem's Speed : 021-93175359 begin_of_the_skype_highlighting              021-93175359      end_of_the_skype_highlighting

Sumber : Penulis : Pidav - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modifikasi Guidance -
Pengguna Suzuki Skywave 125 sekarang lagi ramai pasang cakram atau discbrake belakang. "Pilihan ama...

Modifikasi Motor dengan Limbah Moge
Memodifikasi motor, ternyata tak hanya menambahnya dengan tambahan ornamen baru. Limbah motor gede (...

Kemudi/Stang
Fungsi kemudi ialah untuk membelokkan roda atau mengarahkan jalannya kendaraan sepeda motor. Kemudi ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru