Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Utilitas


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Sumber :Penulis/Foto: Banar/Johan - otomotifnet.com

Bawaan lahir, mobil selalu dilengkapi lampu kabin yang dipasang di depan di atas pengemudi maupun di bagian tengah atas jok penumpang. Tak lain berfungsi untuk menerangi sekitar bagian tersebut. Sehingga saat ingin mencari suatu benda di dalam mobil, terutama di malam hari lebih gampang jika dibantu lampu kabin.

"Banyak juga penumpang belakang yang membutuhkannya untuk menerangi saat baca buku," ujar Sachin K Punjabi, penggawang Pacific Car Proffesional (PCP).

Meski sudah terang, enggak sedikit otomania yang menggantinya dengan LED yang lebih terang lagi. Kini LED banyak dijual dipasaran dengan berbagai model dan corak warna. "Ada juga yang menggantinya hanya karena buat gaya dan modifikasi. Terutama anak muda," tambah Sachin, yang gerainya di Pasar Mobil Kemayoran, Blok A no. 71 Jakpus ini.

Memang sih, enggak sedikit yang merasa kurang terang dengan lampu bawaan mobil, entah karena faktor usia maupun alasan lain. " Namun tunggu dulu jangan asal main ganti saja. Sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda sebelum menggantinya," anjur pria berkaca mata ini.

Perlu diketahui, pada dasarnya LED itu mengeluarkan cahaya berwarna putih dan kuning, yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Semakin besar satuan Kelvin yang dikeluarkan, lampu semakin terang dan sebaliknya.


gbr.1

gbr.2

Untuk LED putih, cahaya yang dikeluarkan memang terang dan mampu menerangi dalam kabin dengan maksimal (Gbr.1). Namun LED ini kurang bisa membantu penerangan saat penumpang ingin baca buku. Pasalnya terlalu silau dan bikin mata cepat lelah dan kepala bisa pening. "Maksimal 15 menit mata sudah capek," terang boss PCP ini.

Kemudian kalau aplikasi LED yang mengeluarkan warna kuning, cahaya yang dikeluarkan kurang maksimal menerangi dalam mobil. Meski agak sedikit redup, bila dipakai buat baca-baca atau mengerjakan tugas kantor via Laptop tidak bikin jenuh (Gbr.2).

"Dengan LED ini bisa tahan lebih lama. Mata juga enggak cepat capek dan jenuh," imbuh pria bertubuh gempal ini. Nah biar tidak mubajir, bagi Anda yang berencana aplikasi peranti yang dipasaran dibandrol Rp 50-125 ribu ini, alangkah baiknya sesuaikan dulu dengan keperluan maupun kebutuhannya.

Penulis/Foto: Banar/Johan



Sponsored Links

Tips Djarum Black - Waspadai Pemicu Boros BBM
Jangan keburu memutuskan membeli alat penghemat BBM jika perilaku mengemudi Anda belum benar. Mau ya...

Pasang sandaran pembonceng di skutik bro?
Bagi pembesut skutik yang lagi gandrung dengan pernak-pernik tambahan buat mempercantik tungganganny...

Lexus LF-Ch Kompetitor BMW Seri-1 dan Audi A3
Lexus, terus merentangkan sayap dan memperkuat daya saingnya di segmen mobil mewah. Bila sebelumnya,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru