Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Utilitas - memasang kawat pelindung, cegah pentalan kerikil?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ben/Reza

Gambar

 

 

 

 

Lubang pada gril maupun bumper dibuat agar angin bisa menembus masuk. Banyak fungsi dari lubang ini, selain dari segi estetika, juga mendapat fungsi utama, yaitu menyalurkan angin agar bisa digunakan sebagai pendingin pada rem, ruang mesin dan utamanya agar sanggup melewati kisi-kisi radiator maupun kondensor AC, sehingga kondisi mesin tetap sempurna, begitu pula kabin pun selalu adem, karena kondensor AC tetap menerima angin dingin dari depan. Jadi, semakin besar lubangnya, tentu makin banyak pula angin yang bisa menembusnya.

 

 

 

Gambar 1
Gunakan kawat nyamuk dan cable ties

 

 

 

 

 

Gambar 2
Ikat cable ties pada kisi dan kawatnya

 

 

 

Beberapa kendaraan memiliki rancangan dengan lubang cukup besar pada grilnya. Seperti Nissan X-Trail, baik yang baru maupun generasi pertama, lantas Ford Focus, kemudian Toyota Avanza serta beberapa mobil lain menganut gaya lubang angin cukup besar seperti ini.

 

 

Bayangkan, ketika mobil sedang melaju di atas kecepatan 80 km/jam, lantas ada kerikil yang terpental dari depan karena terlindas tunggangan lain dan mengenai kisi-kisi kondensor AC atau radiator yang berada di balik bumper dengan lubang angin yang menganga. Tak bisa ditolak, kerikil pun membuat lubang pada jalur pendingin itu, bocor deh.

 

 

Lantas, bagaimana cara melindunginya? Tentu kalau ditutup malah tak bisa dilalui angin. Maka, cara lain adalah dengan memasang kawat di balik lubang menganga tersebut. Tak perlu terlalu rapat, cukup gunakan ‚Äėkawat nyamuk‚Äô dengan besar lubang 3 hingga 5 milimeter saja. Yang penting kerikil tak bisa lewat.

 

 

Selain itu sediakan pula cable ties untuk mengikat kawat tersebut.

 

Cara memasangnya, ukur lebar bagian yang berlubang pada bumper atau gril. Misal dengan panjang 1 meter dan lebar 25 centimeter, lalu posisikan di balik gril atau lubang angin pada bumper. Kemudian, pada kisi yang tebal, jadikan pegangan untuk mengikatkan cable ties pada mengikat kawat.

 

 

Mudah bukan? Sekarang kerikil tak bisa menembus kondensor AC, tetapi angin yang mengalir tak berkurang. Berkendara pun lebih nyaman dan menyenangkan.

 

Sumber :Penulis/Foto: Ben/Reza - otomotifnet.com



Sponsored Links

Uji konsumsi bahan bakar - Cerita di balik uji 100 Km/Jam...?
Berbagai pengujian mobil di­lakukan. Masing-mas­ing me­­­nerapkan hasilnya untuk di­­­publik...

Memeriksa Kopling
Periksalah apakah pelat gesek sudah aus, ganti apabila telah aus melebihi 0,3 mm dan ukuran standar...

Suzuki Satria FU150 - Satria FU150 bunyi cek..cek..cek.., ganti setelan keteng pakai punya smash biar mantap..
Buat sebagian motormania, punya besutan berkapasitas lumayan gede seperti Suzuki Satria FU 150, eman...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru