Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Washer Additive - Washer Additive


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:Banar

Air memang kondang sebagai cairan pembersih. Namun pada beberapa kasus justru dibuat tak berdaya. Misalnya saat melawan kotoran burung yang mengeras pada kaca depan mobil, atau jika baru saja dikeluarkan sang burung.


gbr.1

gbr.2

Sehingga bila wiper diaktifkan, kotoran yang lunak akan menyebar. Serangga kecil yang tertabrak juga berpotensi melamurkan pandangan ke depan. "Wah gawat kalau sampai begitu!

Hanya karena hal sepele, perjalanan bisa jadi berantakan. Ujung-ujungnya menimbulkan kecelakaan," buka Warji, teknisi Toda di Jl. Radio Dalam Raya No. 12, Jaksel.

Mencegahnya bisa diantisipasi sejak dini dengan mencucinya sehabis pakai. Minimal bagian kaca luarnya, terutama kaca depan.

Selain debu jalanan dan asap knalpot kendaraan lain yang nyangkut di kaca depan, banyak juga serangga yang numpang disitu. Nah, khusus untuk cairan doping atau additive pembersih kaca depan, ada beberapa pembersih yang dijual ditoko-toko maupun dipasaran, diantaranya Kit Wiper Fluid, Carrera Wiper Wash, Screen Wash, Glaco 99, Waxco dan Foerch Windscreen Washer Additive, yang baru saja diluncurkan.

Pada dasarnya, semua cairan ini fungsinya sama yaitu melindungi kaca dari kotoran, membersihkan debu dan minyak. Baik musim panas maupun penghujan, tetap bermanfaat. Harganya juga tidak terlalu menguras dompet.


gbr.3

"Kalau keadaan darurat, bisa juga pakai air yang dicampur shampo. Namun itu hanya membersihkan kotoran saja, enggak bisa melindungi kaca dari kotoran dan air hujan yang menerpa," imbuh bapak 3 anak ini.

Cara pakai cairan ini cukup mudah, bisa dikerjakan sendiri sebelum bepergian serta enggak nyampai 15 menit. Baiklah, berikut akan dibeberkan Warji. Pertama pilih salah satu cairan diatas sesuai selera.

Eits, tunggu dulu, cairan ini ada yang mengandung konsentrat dan ada yang tidak. "Kalau tidak mengandung konsentrat, bisa dituang langsung kedalam tabung air wiper (gbr.1)," tegas pria ramah ini.

Namun kalau mengandung konsentrat, musti lihat aturan pakai yang tertera dilabel kemasan cairan tersebut. Sebagai contoh Waxco. Untuk 25 ml musti dicampur dengan air sebanyak 2,5 liter (gbr.2).

Setelah itu baru dituang kedalam wadah washer. Lalu tinggal mencobanya untuk mengetahui cairan tersebut sudah mengalir sampai ujung atau belum serta sudah berfungsi maksimal apa tidak(gbr.3).

Sumber : Penulis/Foto:Banar - otomotifnet.com


 


Sponsored Links

Modification guidance - Turbo kit Daihatsu?
Mengupas komponen peningkat performa kendaraan, pemilik Daihatsu kerap mengelus dada. Pasalnya jaran...

Black Auto Tips - Awas! Salah Setelan Mesin Bisa Bikin Boros
Mengendarai mobil dengan benar serta lihai memilih jalur bebas macet, logikanya konsumsi bahan bakar...

Mendeteksi mesin panas susah hidup - Pengapian atau karbunya?
Lazimnya problem yang sering terjadi di motor, saat mesin dalam kondisi lama tidak dipakai atau ding...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru