Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Cek Auto Choke New Nouvo Z - Cukup Ditiup, Wussss...!!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: - otomotifnet.com


Sistem cuk Yamaha New Nouvo Z terbilang modern. Enggak lagi model manual lewat tarik tuas tapi sudah bekerja otomatis (auto choke). Saat dibutuhkan (mesin dingin), katup cuk secara otomatis bekerja. Nah, berhubung semuanya bekerja secara electrical maka prosedur pengecekan juga berbeda dengan tipe manual.

"Pengecekan kerja auto choke bisa dilakukan dengan ditiup dan mengukur tahanan PTC thermistor dan thermo switch. Alat yang digunakan pipa diameter 3,3 mm dan multitester," beber Muhamad Abidin, Manager Technical Department, Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Sebelumnya harus diketahui dahulu lubang in (masuk) dan out (keluar) dari starter air passage (gbr.1). Lepaskan karburator dari dudukan. Masukkan slang 3,3 mm pada lubang in atau gunakan angin bertekanan dari kompresor. Lalu tiuplah slang (gbr.2). Kalo udara keluar dari saluran out berarti auto choke bagus.


Sebaliknya jika udara di saluran keluar tersumbat berarti auto choke bermasalah. Tambah Abidin, ketika kondisi dingin volume wax di dalam auto choke mengecil. Sehingga saluran starter air passage kondisi terbuka untuk menambahkan gas pembakaran.

Selanjutnya ukur tahanan PTC thermistor. Lepas sambungan kedua kabel auto choke. Multitester posisi ohmmeter. Tahanan standar yang terukur sebesar 30 ohm.

Belum cukup sampai di sini. Untuk memastikan kinerja auto choke juga dilakukan dengan mengalirkan arus listrik. Sambungkan kedua kabel auto choke dengan terminal aki selama 5 menit. Lalu tiup lubang masuk melalui pipa 3,3 mm yang tadi (gbr.3). Jika udara pada lubang out tersumbat berarti auto choke bagus.

 

Cek Thermo Switch
Selain memeriksa unit auto choke, untuk memastikan kinerja sistem cuk otomatis masih baik atau tidak juga dilakukan dengan memeriksa thermo switch. Siapkan termometer, multitester dan air dalam nampan untuk merebus thermo switch (gbr.4). Hati-hati, thermo switch jangan sampai jatuh karena sangat sensitif. Hasil pengukuran lihat

Tabel pengukuran Thermo Switch
No Temperatur Air Suhu Thermometer Proses
1 Kurang dari 6520C tidak terhubung pemanasan
2 Lebih dari 6520C terhubung pemanasan
3 Lebih dari 560C terhubung pendinginan
4 Kurang dari 560C tidak terhubung pendinginan


Sponsored Links

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...

Service Guidance - Kampas Rem Belakang Murah buat Jupiter Z
Bebek Yamaha keluaran terbaru seperti New Vega, New Jupiter Z dan Jupiter MX dari lahirnya sudah dib...

Honda Vario - Karburator CBR 150 buat Vario bore - up 150 cc!
Menurut rumors, jika karburator standar Honda CBR 150 cc dipakai di motor 4-tak lain, bisa bikin aks...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru