Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Eksterior motor - Merawat cover dek skutik!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx / Atenx

Bagi motormania penganut aliran metroseksual, haram hukumnya bila besutan kesayangan terlihat dekil dan kumel. Maklum, bagi mereka tampilan yang apik dan bersih harus tetap utama.


Gbr 1, 2 dan 3

Gambar 1-2-3

 

 


Tak terkecuali pada perawatan bodi motor pada bagian cover dek. Sebab enggak bisa disamakan dengan bodi lain karena permukaannya berpori. Salah-salah bisa bikin cover dek jadi kusam dan putih-putih kaya kulit panuan.

 

Perlakuan bodi yang kerap disebut bodi mentah ini kadang sering dianggap sebelah mata. "Padahal, peranti ini juga wajib dirawat," jelas Kelvin Sandy dari K-Care Station di Jl. Hos. Cokro Aminoto No.137, Ciledug, Tangerang.

 

Paling kentara di bodi skutik, sebab hampir 50 persen bodi motor terdiri dari bodi mentah. Perlakuan sembarangan seperti menyikat atau memberikan obat poles dengan bahan amonia atau zat kimia bisa membuat permukaan plastik jadi baret dan rusak.

 

Nah kalau noda berminyak macam oli, silakan bersihkan pakai alkohol (gbr.1) dan langsung dicuci pakai sampo. "Oh iya, jangan pakai sabun colek karena memiliki zat kasar yang bisa bikin bodi mentah jadi baret halus," tambah pria yang juga terima poles motor di workshopnya tersebut.

 

Kalau nodanya sudah membandel, ada trik khusus untuk mengatasinya. "Pakai saja sodium cyclamate atau yang biasa disebut biang gula," buka Kelvin yang pernah melakukan hal itu di Honda Vario miliknya.

 

Seperempat sodium cyclamate yang bisa didapat di toko kue dicampur pada satu gayung air hangat, kemudian diberi sedikit deterjen. Oleskan racikan tadi dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci dengan air. "Dijamin, keraknya pasti hilang," yakin Kelvin.

 

Nah untuk urusan perawatan, selanjutnya silakan pakai obat khusus vinyl yang juga biasa dipakai untuk melapisi dasbor mobil. Kalau pakai obat poles, nantinya bakal menimbulkan bercak putih sisa dari obat yang mengering di sela pori-pori bodi (gbr.2).

 

Selain melindungi, cairan vinyl protection juga bisa bikin mengilap dan melindungi dek dari sengatan matahari.

 

Di pasaran ada merek Kit atau Carrera (gbr.3)yang dibanderol Rp 17 ribuan. Untuk merek luar, ada Meguiar's Quik Interior Detailer seharga Rp 107 ribu.

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx / Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kawasaki Ninja 250 - CDI booster Ninja 250 : tenaga / akselerasi?
Banyaknya peranti aftermarket untuk Kawasaki Ninja 250 yang sekarang beredar di pasar makin membuat ...

Service Guidance - Pengaruh Celah Busi Terhadap Konsumsi BBM
Celah alias gap busi yang sering dianggap sepele, ternyata bisa jadi faktor penyebab borosnya konsum...

Service Guidance - Dampak Pindah Gigi Kasar
Secara sadar atau tidak, banyak pengguna motor bebek melakukan pindah gigi sangat kasar. Tuas persne...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru