Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

hidupkan Indikator pintu Avanza biar tambah keren!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Rio / F.Yosi, Rio - otomotifnet.com

Termasuk jenis kendaraan first entry buyer, Toyota Avanza minim fitur beragam indika­tor yang fungsinya untuk mengingatkan pengemudi. Padahal kalu diperhatikan seksama, pada panel instrument cluster sudah terdapat rumah untuk lampu indikatornya loh.

 

 

Hanya saja demi efisiensi biaya, beragam indikator tersebut tidak difungsikan. OTOMOTIF mencoba untuk menghidupkan pernik kecil komponen tersebut pada Toyota Avanza tipe G keluaran 2009 agar MPV kesayangan rakyat Indonesia ini dapat tampil maksimal layaknya mobil built-up.

 

 

 

Pertama kali dicoba untuk menghidupkan indikator pintu. Sebenarnya indikator pintu sudah rapat atau tidak bisa melalui lampu kabin. Tapi beberapa pengemudi kurang suka karena terlalu terang kala malam hari.

 

Sedangkan indikator yang dimaksud ialah indikator pada panel instrumen dasbor. Enaknya, karena sudah ada sensor di masing-masing pintu, jadi tinggal sambungkan saja kabel sensor pintu ke dalam instrument cluster.


Gbr 1

Gbr 1

 

 

 


Gbr 2

Gbr 2

 

 

 


Gbr 3

Gbr 3

 

 

 

 

 


Gbr 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

Pertama buka cover plastik penutup untuk mencapai terminal soket-soket di sisi kanan pedal gas (Gbr.1). Setelah terlihat, by-pass kabel indikator pintu, yaitu kabel nomor 3 dari sebelah kiri soket. Mudahnya, lihat kabel kecil yang berwarna putih dengan strip biru (Gbr.2). Lalu, buka instrument cluster dengan melepas panel plastik penutup menggunakan obeng kembang yang pendek (Gbr.3).

 

 

Kemudian panjangkan kabel sampai dasbor untuk menyalakan indikator pada instrument cluster. Pasang terminal soket pada ujung kabel satu lagi untuk dipasangkan pada terminal soket dasbor.

 

 

Pasangkan kabel di soket nomor 8 dari sisi kanan terminal (Gbr.4). Selanjutnya, karena panel dasbor sudah dilengkapi dengan lampu indikator pintu, tinggal pasang kembali terminal dengan instrument cluster.

 

 

Pastikan kabel by-pass terpasang sempurna dan rekatkan dengan memakai isolasi khusus listrik. "Lebih aman setelah jumper, sambungan kabel disolder lebih dulu," ujar Wira Sentosa, juragan SACS di Jl. Pondok Gede Raya No.24, Jaktim. Tujuannya mencegah terjadi korsleting listrik dan arus listrik dapat mengalir sempurna.

 

Sumber :Penulis/Foto: Rio / F.Yosi, Rio - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Awas! Uap Panas Air Aki
Aki merupakan kebutuhan penting bagi setiap kendaraan. Rasanya komponen kelistrikan tak akan mau ber...

Kontak Batin lewat Honda Tiger dan Mega Pro
Wardoyo dan Suswanto ini, saudara bukan dan tinggalnya pun berjauhan. Satu di kotif Depok dan sa...

Sokbreker depan Honda Vario CBS Techno - good bye jedag - jedug Vario Techno?
Ada rasa penasaran saat Mr. Testo test ride Honda Vario CBS Techno. Sokbreker depannya terasa lebih ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru