Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Label Remover - Stiker Minggat Tetap Mengkilap


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Banar

Cukup banyak pecinta modifikasi yang doyan pasang stiker di mobil kesayangannya guna mempercantik tampilan. Namun seiring waktu berjalan, kadang pemilik merasa bosan dengan stiker model tersebut dan pingin ganti motif lain. Bahkan ada juga yang mencoba tampil polos seperti semula.

Sejalan hal tersebut, pastinya harus melepas stiker lama sebelum diganti dengan model lain. Nah, berhubung stiker sudah nempel di bodi cukup lama, banyak yang kesusahan untuk melepasnya. Seperti yang dialami Tonton Sugiarto dalam Otomail OTOMOTIF edisi 41/XVIII.

"Kalau di lepas begitu saja tanpa alat bantu, sering sobek dan butuh waktu lama. Banyak juga yang meninggalkan bekas lem di bodi setelah stiker lepas dan musti dipoles ulang biar tetap mengilap," urai Djuli Marbun, yang buka workshop Oto Roda (OR) di Jl. IR. H. Juanda No. 84 Ciputat, Tangerang.

Tapi enggak usah khawatir dan bingung bila sedang mengalami hal tersebut. Pasalnya kini sudah ada cairan pembersih stiker yang dijual bebas di pasaran, meskipun tidak banyak. Sebagai contoh Foerch Label Remover, asal Jerman. Cairan 300 ml seharga kisaran Rp 100 ribu ini berfungsi untuk melepas rekatan lem stiker pada bodi mobil. Kelebihannya mudah dipakai, tidak meninggalkan bekas dan aman bagi cat bodi mobil. "Tidak merusak lapisan vernis dan cepat bereaksi, sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak," terang Aming, technical advisor PT. Foerch Indonesia, Taman Palem, Jakbar.


Gbr 1                                            Gbr 2                                              Gbr 3

Penasaran? Yuk kita intip percobaan pada cairan yang dilakukan pada mobil Djuli. Langkah awal, semprotkan cairan remover ini pada bagian pinggir-pinggir atau seluruh permukaan stiker yang akan dilepas (gbr.1). Lalu tunggu kurang lebih 1 menit agar cairan meresap ke pori-pori dan bereaksi dengan lem pada stiker.

Kemudian lepas bagian stiker mulai dari pojok secara perlahan-lahan sambil ditarik (gbr.2). Dari situ akan diketahui stiker tidak robek dan masih utuh menyatu dengan bagian yang lain. "Saat melepasnya, kalau terasa agak susah sambil disemprot lagi ke bagian dalamnya," anjur pria bertubuh gempal ini. Biasanya terjadi pada model stiker yang menggunakan fotopaper atau scothlite.

Terakhir, cukup dilap pakai kain bersih (gbr.3) dan enggak perlu pakai dipoles ulang. Warna cat masih seperti semula dan tetap terlihat mengilap?

Sumber : Penulis/Foto : Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

DVB receiver - Penangkap sinyal TV digital..
Kehadiran siaran TV digital di nusantara patut disambut gembira. Sayangnya, belum semua orang bisa m...

Merawat Aki - Boleh mengisi Air aki di saat panas asal...?
Suatu kali ada perbincangan hangat antara Eggie dan Nico di bengkel langganan mereka. Pembicaraan se...

Merasakan Sensasi Honda CR-Z Hybrid
Honda CR-Z berteknologi hibrida baru diluncurkan pada Februari lalu, eh tahunya sudah ada di Indones...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru