Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

MENCARI GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN PENDINGIN


1. Mameriksa ketinggian air pendingin
a. Periksa ketinggian dengan cara melihat melalui tangki cadangan
Dengan cara ini tidak diperlukan membuka penutupnya untuk 
memeriksa ketinggian air pendingin.

Perhatikan:


1) Jangan melepas penutup tangki bila air pendingin sedang mendidih.


2) Jangan melepaskcm tutup radiator bila engine dan radiator masih panas. 

b. Bila engine telah dingin, periksa ketinggian air pendingin di
tangki cadangan. Ketinggian normal dari air pendingin ialah
antara tanda FULL dan LOW pada tangki.

c. Jika ketinggian air pendingin berada di bawah tanda LOW
Iepaskan penutup tangki dan tambah air pendingin secukupnya  
hingga mencapai tanda FULL. Kemudian pasang kcmbali penutup

Catatan:


Bila memasang penutup tangki luruskan tonjolan penutup dengan tanda.

2. Perawatan sistem pendingin

Sistem pendingin sebaiknya dirawat sebagai berikut: 
a. Periksa sistem pendingin dari kebocoran atau rusak
b. Cuci tutup radiator dan filter neck dengan air bersih dengan cara
melepas tutup radiator bila engine telah dingin.
c. Periksa ketinggian air pendingin.
d. Dengan menggunakan pressure tester periksa sistem dan tutup
radiator pada tekanan 0,9 kg/cm. Jika diperlukan penggantian, ganti cap dengan benar.

 

Catatan:
Setelah pemasangan radiator cap ke radiator, pastikan tonjolan
dari tutup radiator Iurus dengan selang tangki cadangan.

e. Periksa kekencangan klem selang radiator selang terhadap keretakan gembung dan pengotoran.
f. Bersihkan permukaan depan kisi-kisi radiator.

3. Penggantian air pendingin
a. Lepas tutup radiator dan buka sumbatnya. 
b. Buang air pendingin ke bejana penampung.


Peringatan:
- Jangan melepas tutup radiator waktu mesin dalam keadaan panas.
- Gunakan kain tebal pada tutup radiator waktu rnembukanya.
- Hati-hati waktu membuang air radiator yang panas.

c. Semprot sistem pendingin dengan air hingga noda wama hilang. Setelah itu buang  seluruh air pendingin. .
d. Isi penuh dan campur dengan bahan campuran pendingin ethylens glycalbased. Lihat pcdoman pada gambar pelindung air pendingin di halaman bcrikut.
e. Hidupkan mesin pada kondisi idle dan tutup radiator terbuka. Biarlah gelembung udara keluar, dan tambahkan air secukupnya.
f. Pasang tutup radiator dan periksa kebocoran pada sambungan

 

4. Pemeriksaan bagian Iuar pompa air 
a. Periksa kebocoran pompa air dan kelonggaran poros, serta
bearingnya, dengan menggoyang2 kipasnya. 
b. Bila ada bukti kekendoran, gantilah bearing atau poros. 
c. Bila ada kebocoran dari lubang rumah pompa, gantilah  sekatnya

5. Pemeriksaan taIi kipas 
a. Periksa kondisi tali kipas dari keausan, retak, dan terkelupas ganti jika perlu tali kipas.
b. Pastikan tali kipas benan benar terpasang pada alur puli. 
c. Periksalah kelenturan tali kipas dengan memberikan tekanan 98N (10 Kg, 22 lb) 
di tengah kedua puli seperti pada gambar, stel bila perlu.

Kelenturannya
Baru : 8 - 10 mm
Bekas : 11 - 13 mm 

d. Penyetelan


1) Bila perlu, kendorkan baut alternator dan baut penyetelnya
2) Gerakkan alternator ke dalam dan keluar untuk menyetelnya.
3) Kencangkan baut-bautnya.

6. Melapas dan memasang pompa air
a. Buang air pendingin mesin.
b. Lepaskan sesuai dengan nomor urut pada gambar berikut.
c.  Pasangkan kebalikan urutan melepas.
d. Setelah pamasangan (1) stel kelenturan tali kipas (2) isi air pendingin, dan jalankan mesin sambil memeriksa kebocoran. 

 

7. Membongkar pompa air
Bongkar komponen-komponen pompa air menurut urutan pada gambar berikut.

8. Merakit pompa air 
a. Pasang stop ring ke dalam alur yang ada pada porosnya.
b. Pasang pelat penyekat debu pada porosnya.   
c. Putarlah bafile plate pada as tiup.
d. Pasang poros pada rumah pompa dan tekan ke dalam  bearing
dengan sisi seal menghadap ke belakang.
e. Pasang washer dan letakkan spacer pada bearing beri gemuk
f. Pasang bearing dengan sisi penyekat menghadap ke depan
sehingga snap ring bisa dipasang
g. Pasang snap ring
h. Pasang penyekat debu pada bearing, tekan boss pulley padla poros hingga terdorong oleh bagian depan poros.
i.  Pasang seal pada body pompa.
j.  Pres suhu pompa pada porosnya hingga terdorong ke ujung poros
k. Putar poros pompa dan pastikanlah poros berputar bebas dengan
bagian luar sudut-sudut berada di rumah pompa.


 



Sponsored Links

MEMB0NGKAR RAKITAN TUTUP BAK TRANSMISI
MEMB0NGKAR RAKITAN TUTUP BAK TRANSMISI

Kopling
Kopling (clutch) berfungsi menghubungkan dan melepaskan tenaga (putaran) dari mesin ke bagian pemind...

Problem Solving - Ngentengin Kopling Honda CS-1
Walau tergolong motor baru, Honda City Sport 1 alias CS-1 bukannya nggak ada kekurangan. Seperti dir...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru