Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - Substitusi kampas rem suzuki satria FU 150?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Teguh

Sistem pengereman sangat penting pada kendaraan. Ditambah dengan lalu-lintas yang padat - saat rutinitas kantor atau melakukan aktivitas sehari-hari - maka butuh pengereman mumpuni alias pakem. Apalagi buat yang suka ngebut. Jangan lupa ngerem!

 

Untuk Suzuki Satria FU berkapasitas ruang bakar 150 cc, yang sering diajak ngebut, gak heran kalau kampas rem cepat habis. Terutama rem depan (gbr.1).

 

Karena saat kecepatan tinggi dan ngerem, kampas rem harus kerja keras meredam putaran piringan yang besar. "Itu yang bikin kampas rem Satria FU cepat habis dan gak tahan lama," ujar Ipung, mekanik sekaligus owner Ipung

 

Motor Speed (IMS) di Jl. KH. Safi'i Hadzami, Kamp. Dukuh, Jaksel. Coba dicek kampas rem depan FU Anda, masih tebal atau sudah tipis?

 

 

 


Gbr 1 Gbr 2

Gambar 1-2

 

Sebaiknya sih, lakukan hal itu sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda. Karena semua itu berurusan dengan nyawa. Jangan sampai lalai, deh. Nah, kalo ternyata emang kampasnya sudah tipis, segera ganti, ketimbang piringannya yang kemakan, kan? Part pengganti milik orisinalnya memang mudah ditemukan di pasaran.

 

Tapi kalo ternyata kosong, jangan beranjak dari toko itu dulu. Silakan tanya apakah tersedia kampas rem Kawasaki Kaze? Jika ada, Anda bisa beli peranti itu sebagai substitusinya, kok.

 

 


Gbr 3 Gbr 4

Gambar 3-4

 

 

Jangan takut, sudah banyak, lo yang mengaplikasikannya di bebek super buatan PT Indomobil Niaga International (IMNI) itu. Alasannya sih, material kampasnya meski empuk, tapi lebih tebal. "Selain itu, bentuknya juga sama, kok.

 

Tinggal pasang aja," lanjutnya sembari bilang, kampas FU bahannya lebih keras. Untuk mengetahui perbedaan kampas Kaze bisa dilihat dari ketebalannya (gbr.2). Sedang Satria FU agak tipis (gbr.3).

 

Kalau dari warna bahannya juga berbeda. Untuk bahan Satria FU berwarna agak hitam, kalau Kaze berwarna kuning keemasan (gbr.4).

 

Lanjut ke soal harga, kampas rem Kaze dibanderol sekitar Rp 35 ribuan/set, sedang Satria FU Rp 25 ribu/set. "Kalo motor itu dipakai hanya rutinitas ke kantor, bisa tahan sampai 1,5-2 tahun bila pakai kampas Kaze.

 

Sedang kampas FU sampai 1-1,5 tahun," sahut pria berkulit sawo matang ini

.

Nah, dengan kampas yang lebih tebal (milik Kaze), dipastikan piringan gak akan termakan oleh pelat dudukan kampas. "Kan punya jarak pakai yang cukup panjang.

 

Cuma ya itu, harus rajin-rajin ngecek juga," tutup pria berumur 26 tahun ini. Hayo pilih mana, piringan kemakan apa kampasnya yang habis?

 

Sumber :Penulis/Foto : Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Peratawan Mesin - Prosedur ,menganti oli mesin?
Ritual yang wajib dilakoni agar mesin motor kesayangan tetap awet adalah dengan mengganti oli mesinn...

Service Guidance - Awas! Kabel Busi Bikin Boros BBM
Jangan kaget kalau ada yang bilang kabel busi bisa bikin boros bensin (BBM). Sebab kualitas kabel bu...

Perbaiki Drat Busi Dol : Cara hemat, hasil akurat..
Seringkali kejadian, memasang busi dengan posisi kurang pas (miring) sehingga ulir rumah busi termak...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru