Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Yamaha Scorpio Z - Filter oli scorpio z bisa tukar pakai ke jupiter mx loh..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Namanya juga sedulur (saudara), sah-sah saja kalau saling tukar komponen. Alkisah, fast-moving parts filter oli Yamaha Scorpio yang luwes dipakai ke varian lainnya.

 

Entah karena alasan apa, pabrikan membuat elemen penyaring (filter) untuk oli yang berlainan antara Yamaha Scorpio dan Yamaha Jupiter MX. Padahal, secara dimensi keduanya bak pinang dibelah dua.

 

HITUNGAN LEBIH MURAH

 

Perbedaan terletak pada material penyaring (elemen) yang terbuat dari kertas dan nylon. Pada Jupiter MX, elemen memakai bahan kertas yang memiliki masa pakai.

 

"Elemen kertas atau serat gabus tak bisa dibersihkan sehingga harus rajin mengganti setiap 2 kali interval penggantian oli," jelas Hasan dari Hasan Motor di daerah Kelapa Dua, Jakbar.

 

 


Gambar 1

Gbr 1

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

Sangat berbeda dengan milik Scorpio yang mengusung material 'kain' nylon berpori sangat halus. Karena bahan dasar yang tak mudah rusak oleh pelumas, elemen filter oli Scorpio bisa dipakai lebih lama.

 

 Hitung-hitung paket hemat, beli sekali milik Scorpio, bisa dipakai ke Jupiter MX hingga berkali-kali interval penggantian pelumas mesin.

 

Dimensi filter yang sama persis baik diameter maupun panjang keseluruhan, tak mengubah perlakuan saat penggantian elemen filter oli. "Tak ada perlakuan khusus atau cara berbeda saat penggantian komponen yang satu ini untuk pemakaian ke Jupiter series," terang Hasan.

 

Prosedur penggantian dengan membuka tutup (cover) filter oli yang ada di bak sebelah kanan. Buka ketiga baut dengan kunci pas ukuran 10 (gbr.1). Pada saat bak oli sudah kosong, oli pun tak ada yang mengalir dari rumah filter oli.

 

Berikutnya, cabut elemen filter lama yang sudah kotor dengan tang (gbr.2) atau bisa gunakan jari tangan. Selanjutnya pasangkan filter oli yang baru (gbr.3) dan pasangkan kembali tutup (cover) filter oli. Pasang kembali ketiga baut pengikat dan kencangkan sesuai anjuran pabrik.

 

Lumayan, bisa ngirit tanpa harus mengorbankan atau mengubah spek pabrik. Bandingkan elemen filter Scorpio yang dibanderol Rp 80 ribuan (6 kali interval penggantian pelumas mesin) dan filter oli Yamaha MX yang dijual seharga Rp 30 ribu (2 kali interval).

 

Sumber :Penulis/Foto: Kl:X / KLX - otomotifnet.com



Sponsored Links

Recommended : Honda Supra X 125 - upgrade performa Supra X125: Modal Rp 1,6jt, tambah power 1,78 DK
Minggu lalu pembaca setia bernama Hutomo Nugraha Irianto bertanya soal upgrade performa Supra X 125,...

Service Guidance - Beda Filter Oli Orisinal VS Palsu
Salah pasang filter oli (FO) dengan produk palsu terbukti bisa bikin mesin mobil anda cepat rusak. L...

Velg Ringan dan Sokbreker Gas buat Motor
Mau ganti velg motor yang ringan, kini itu sudah tersedia. Ada juga sokbreker motor. Menariknya, unt...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru