Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - memasang rem cakram belakang di scorpio!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Banar

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

Dari pabrik pembuatnya alias PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Scorpio emang udah dirancang pakai rem cakram (depan) dan teromol (belakang). Kemampuannya diakui cukup andal. Tapi begitunya, masih aja ada yang nganggap kurang.

 

 

Sebut saja Yanto, warga Meruya, Kebon Jeruk, Jakbar. Pengguna 'Kalajengking' keluaran 2004 ini, kesengsem aplikasi cakram belakang di besutannya. "Bawaan pabrik sih sudah pakem dan enggak banyak masalah.

 

Tapi saya pengin lebih maksimal lagi, terutama saat melakukan pengereman mendadak," kisah pria yang biasa ngacir di atas 100 km/jam ini. Wah.. hati-hati, ah!

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

 

Makanya, ia pun memboyong besutannya ke Bengkel Ario Motor (BAM) yang tak jauh dari tempat kerjanya. Setelah mengutarakan keinginannya pada Trisno, penggawang BAM, tak lama kemudian langsung digarapnya.

 

 

Mau tahu cara pasang peranti aftermarket yang dibanderol Rp 650 ribu (komplet plus pasang) oleh pemilik bengkel di Jl. Raya Srengseng No.35, Jakbar ini? Yuk lanjut.

 

 

Pertama, lepas roda belakang beserta rumah kampas remnya. Lalu melubangi teromol roda sisi kiri pakai bor sebanyak 4 titik sampai tembus. "Sebelumnya diukur dan menyesuikan damper dudukan cakramnya dulu," ujar Trisno yang sanggup ngegarap proyek ini dalam waktu sehari.

 

 

Kemudian pasang damper dudukan cakram dengan 4 baut pengikat 12 mm dengan panjang sekitar 2 cm dan dilanjutkan memasang cakram pada damper dengan 4 baut pengikat L-12 (gbr.1).

 

Lalu agar kaliper tidak goyang ke mana-mana, dibikinkan dudukan penahan braket kaliper dengan potongan pipa kecil yang dilas pada swing arm kanan bagian dalam (gbr.2). 

 

 

Habis itu bikin braket pengikat master rem yang dipasang di antara rangka sebelah kanan dengan dudukan footpeg kanan dan diikat pakai baut L-15 (gbr.3).

 

Dilanjutkan memasang master rem pada braket yang sudah terpasang tadi, diikat pakai 2 baut dan dikencangkan pakai kunci T-8.

 

Terus membuat dudukan penonjok master rem pada tuas rem belakang. Caranya dengan menambah pelat setebal 5 mm (custom) yang dilas pada bagian tengah tuas rem dekat per (gbr.4).

 

 "Biar roda beserta braket kaliper mudah dipasang, ditambah 2 ring as roda. Masing-masing setebal 3 mm," tambah bapak 2 anak ini.

 

Langkah akhir yakni tinggal memasang roda belakang yang sudah terpasang cakram, braket kaliper dan kalipernya serta jangan lupa dites jalan.

 

Sumber :Penulis/Foto: Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

Ban Superlebar buat Skutik
Maraknya modifikasi skutik memakai ban superlebar tak sulit mendapatkan pembalut velgknya. Pabrikan...

Rem
Fungsi rem adalah untuk mengurangi kecepatan atau untuk menghentikan roda sekaligus Rem merupakan ba...

Aplikasi Engine Hours - Jarak Pacu VS Waktu
Wacana mengenai engine hours seakan merebak seiring kemacetan nan merajalela di Ibu Kota. OTOMOTIF m...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru