|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Modifikasi Guidance - memasang rem cakram belakang di scorpio!Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Banar Gambar 1
Dari pabrik pembuatnya alias PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Scorpio emang udah dirancang pakai rem cakram (depan) dan teromol (belakang). Kemampuannya diakui cukup andal. Tapi begitunya, masih aja ada yang nganggap kurang.
Sebut saja Yanto, warga Meruya, Kebon Jeruk, Jakbar. Pengguna âKalajengkingâ keluaran 2004 ini, kesengsem aplikasi cakram belakang di besutannya. âBawaan pabrik sih sudah pakem dan enggak banyak masalah.
Tapi saya pengin lebih maksimal lagi, terutama saat melakukan pengereman mendadak,â kisah pria yang biasa ngacir di atas 100 km/jam ini. Wah.. hati-hati, ah!
Makanya, ia pun memboyong besutannya ke Bengkel Ario Motor (BAM) yang tak jauh dari tempat kerjanya. Setelah mengutarakan keinginannya pada Trisno, penggawang BAM, tak lama kemudian langsung digarapnya.
Mau tahu cara pasang peranti aftermarket yang dibanderol Rp 650 ribu (komplet plus pasang) oleh pemilik bengkel di Jl. Raya Srengseng No.35, Jakbar ini? Yuk lanjut.
Pertama, lepas roda belakang beserta rumah kampas remnya. Lalu melubangi teromol roda sisi kiri pakai bor sebanyak 4 titik sampai tembus. âSebelumnya diukur dan menyesuikan damper dudukan cakramnya dulu,â ujar Trisno yang sanggup ngegarap proyek ini dalam waktu sehari.
Kemudian pasang damper dudukan cakram dengan 4 baut pengikat 12 mm dengan panjang sekitar 2 cm dan dilanjutkan memasang cakram pada damper dengan 4 baut pengikat L-12 (gbr.1).
Lalu agar kaliper tidak goyang ke mana-mana, dibikinkan dudukan penahan braket kaliper dengan potongan pipa kecil yang dilas pada swing arm kanan bagian dalam (gbr.2).
Habis itu bikin braket pengikat master rem yang dipasang di antara rangka sebelah kanan dengan dudukan footpeg kanan dan diikat pakai baut L-15 (gbr.3).
Dilanjutkan memasang master rem pada braket yang sudah terpasang tadi, diikat pakai 2 baut dan dikencangkan pakai kunci T-8.
Terus membuat dudukan penonjok master rem pada tuas rem belakang. Caranya dengan menambah pelat setebal 5 mm (custom) yang dilas pada bagian tengah tuas rem dekat per (gbr.4).
âBiar roda beserta braket kaliper mudah dipasang, ditambah 2 ring as roda. Masing-masing setebal 3 mm,â tambah bapak 2 anak ini.
Langkah akhir yakni tinggal memasang roda belakang yang sudah terpasang cakram, braket kaliper dan kalipernya serta jangan lupa dites jalan.
Sumber :Penulis/Foto: Banar - otomotifnet.com Sponsored Links |
Sistem Rem - Hati-hati upgrade rem mobil? Kesempurnaan Duplikat Aprilia FV2 Concept Memeriksa Karburator |
||||||