Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Perawatan Mobil - Semir Plastik Eksterior Cegah Pudar


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Manut/Rio

 Suatu ketika, meja redaksi menerima sebuah email dari seorang pembaca. Uniknya, email ini bukan berisi pertanyaan atau atau surat pembaca. Melainkan untaian trik menarik. Sang pengirim bernama Dani Indra membeberkan pengalamannya dengan mobil kesayangan. Terutama saat ia melakukan perawatan seputar eksterior. Yuk, kita simak bareng trik dari Indra ini.

Part bodi plastik bisa pudar termakan usia

Gosokkan semir dengan kain bersih

"Saya pemilik Daihatsu Xenia VVT-i 2006. Selama pemakaian sampai saat ini mobil saya baik baik saja. Namun setelah pemakaian 2 tahun ini, saya lihat bagian ventilasi udara ruang mesin lama-lama terlihat pudar warnanya. Ventilasi ini ada di bawah wiper dan berbahan plastik hitam.


Bisa lihat perbedaan sebelum dan sesudah

Mungkin karena terkena hawa panas mesin maupun terhempas cuaca baik terik matahari maupun air hujan, mengakibatkan warna hitamnya mulai pudar.

Sehingga tampak abu-abu dan terlihat seperti belang. Pada awalnya, saya ingin mengganti part tersebut karena kurang nyaman dipandang. Namun harga part tersebut ternyata cukup mahal, maka saya urungkan niat menggantinya.

Suatu hari, saat saya sedang makan malam di warung tenda, saya melihat seorang anak kecil sedang menggosok-gosok sepatu seorang yang juga sedang makan di warung itu.

Sempat saya melihat sepatu yang digosok anak itu, hasilnya hitam dan mengilap. Akhirnya saya mendapatkan ide untuk mencoba membeli semir untuk saya cobakan di bahan ventilator tersebut.

Selain itu, sempat terlintas di pikiran saya untuk berbagi tips ini dengan OTOMOTIF. Pertama-tama saya bersihkan dari debu dan kotoran. Lalu saya lakukan pemolesan menggunakan semir warna hitam. Sedikit demi sedikit saya gosok menggunakan kain potongan searah jarum jam.

Bisa dilihat perbedaan antara yang sudah dipoles dan yang belum dipoles. Oh iya, sampai email saya ini kirim ternyata warna hitamnya tidak luntur tuh... Asyiknya, tips ini murah meriah, cuma dengan semir Rp. 5000, plastik ventilasi tersebut dapat kembali hitam seperti baru. Mudah mudahan bisa berguna juga buat pembaca OTOMOTIF lainnya. Terima kasih atas kesediaan waktunya untuk membaca email dari saya ini."

Sumber : Penulis/Foto: Manut/Rio - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Merawat Cover Lampu
Beberapa lampu tambahan kerap dilengkapi dengan penutup yang berfungsi sebagai pelindung kaca lampu....

Bajaj Pulsar 135LS; "Handling" Mudah dan Tenaga Cukup Agresif
PT Bajaj Auto Indonesia, produsen motor India di Indonesia baru memasarkan model sport terbarunya, P...

Knowledge bohlam - Bohlam : waspada panas dan getar!
Menjelang mudik Lebaran tak ada salahnya memasukan bohlam headlamp ke dalam boks sparepart cadangan....


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru