Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Atasi Klakson Ogah Teriak


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Chuenk/Endro (Motor Plus) - otomotifnet.com

Klakson ogah teriak alias kadang mau bunyi kadang diem aja, sering dijumpai pada motor yang sudah melewati masa pakai dua tahun lebih. Kadang bingung dan banyak yang menuduh aki sudah soak. "Sebenarnya bukan karena ski saja. Kalau motor distarter elektrik masih enak, sebagai tanda aki masih bagus. Penyakitnya ada di klakson itu sendiri," terang Chairul Anwar, mekanik Yun's Motor di Srengseng, Jakarta Barat.


Karat atau kotor, biang klakson ngambek

Bersihkan pake ampelas atau cairan khusus

Kalau klakson tiba-tiba ngambek berbunyi, diurut penyebabnya dari konektor yang ada di sakelar. "Biasanya, karena tertutup kotoran atau karena ada karat. Konektor kadang enggak nyambung," terang pria akrab disapa Bang Yun itu.


Setel klakson cari nada tertinggi

Konektor terdiri dari tiga bagian penting. Selain dua logam yang nempel dan terhubung pada sakelar, juga per pembalik. Pegas itu berguna untuk mengembalikan posisi sakelar saat dipencet. "Kalau sudah karat, sakelar enggak balik. Massa dan arus listrik juga enggak terhubung kalau bagian itu kotor. Itu yang mengakibatkan enggak nyala," analisis pria yang doyan mancing itu.

Cara atasinya, bongkar rumah sakelar dan bersihkan tiga bagian itu. "Kalau mau bersih diampelas. Atau dikasih cairan pembersih logam juga bisa," tambah Bang Yun yang kelihatan tetap awet muda. Jika aki masih bener, terus konektor sudah terbebas dari kotoran dan karat, eh masih tetap ngaco bunyinya, coba deh periksa setelan pada klakson.

"Kadang, bautnya kendur, jadi bunyinya pelan atau sember. Tinggal disetel. Puter aja pakai obeng kembang. Cari nada paling tinggi," tutup pria yang gape juga korek mesin itu.



Sponsored Links

Rem parkir
Rem parkir terutama digunakan untuk parkir kendaraan.

Modifikasi Guidance - Vespa PTS100 Pakai Piston Suzuki
Repotnya kalau Vespa PTS100 masuk tahap oversize di atas 5M. Yang dimaksud 5 M bukan miliar. Tapi ti...

Problem solving - Perkuat lampu belakang Suzuki Smash bro!
Yanuar Rahman mahasiswa perguruan tinggi Moestopo Jakarta sempat merasakan malu ketika dalam perjala...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru