Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Selidik Bunyi Berisik Yamaha Nouvo


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:Eka/M David(MotorPlus) - otomotifnet.com

Awas! Jangan bingung lagi sama suara berisik yang timbul di sekitar rumah CVT. Terutama, buat penyemplak Yamaha Nouvo. Sebab suara berisik itu ditimbulkan enggak cuma dari satu part doang. Salah satunya, dari klip pengunci gigi rasio primer.

"Itu lho, gigi rasio yang punya as panjang di bagian rumah rasio," bilang Boday alias Nuraimin, salah satu mekanik JP Racing Bintaro di Jl. Cendrawasih, Kp. Sawah, Tangerang. Nah, seharusnya part transfer daya yang juga memutar gigi rasio sekunder ini, punya got buat klip penahan (gbr. 1).

Nah, menurut Boday kalau klip penahan ini tak dipasang atau terlepas, gigi primer bisa maju-mundur tuh. Meskipun, kondisi gigi rasio primer dan sekunder ini sudah ditutupi cover part girboks (gbr. 2). Akibat maju-mundur ini juga, akhirnya timbul suara berisik di seputar girboks.

Bunyinya, seperti besi beradu aluminium. Krek-krek-krek. Lho, beradu aluminium? Ya! "Itu karena gigi primer yang maju-mundur beradu dengan crankcase rumah girboks," bilang Boday lagi.

Dibiarkan terus, sudah tahu dong yang bakal terjadi. Yap! Kelamaan, crankcase bakal aus dan bisa saja bolong tuh. He..he..he... Makanya, ketika seting atau lepas-buka gigi rasio, jangan lupa memasang klip kembali. Letaknya, setelah laher alias bearing (gbr. 3).

"Atau perhatikan juga kondisi klip itu sendiri. Kalau sudah aus, lebih baik diganti," saran mekanik bertubuh besar itu. Buat tahu aus tidaknya klip itu, monggo lihat (gbr. 4). Klip musti rapat menggemgam di got. Karena kalau aus, bisa maju-mundur juga! Perhatikan ya!



Sponsored Links

Tips Djarum Black - Waspadai Pemicu Boros BBM
Jangan keburu memutuskan membeli alat penghemat BBM jika perilaku mengemudi Anda belum benar. Mau ya...

Atasi sensor spidometer Satria FU 150 ngadat?
Di tengah perjalanan, Antonius kaget sama indikator Suzuki Satria FU 150-nya. Apa yang ia lihat sung...

Black Auto Tips - Awas! Salah Setelan Mesin Bisa Bikin Boros
Mengendarai mobil dengan benar serta lihai memilih jalur bebas macet, logikanya konsumsi bahan bakar...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru