Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Suzuki Shogun 125SP - Upgrade performa shogun 125sp, tambah beringas dan gahar!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Soal upgrade performa besutan, kali ini Mr. Testo mau menjawab permintaan Rizky Qtoet lewat email (mr.Testo10@gmail.com). "Bisa gak, Suzuki Shogun SP dibikin larinya lebih cepat?" tulisnya di email.

 

Hasil seleksi, dipilih bengkel Yovan Speed and Custom (YSC) yang dipimpin Iqbal Legawa jadi rekomendasi para Shogun SP-mania.

 

 

Gbr 1

 

 

Bengkel yang sudah beroperasi 6 tahunan di bidang mengorek mesin ini, patut disegani dalam ajang drag bike. "Menaikan performa untuk harian gak perlu dana besar, justru hasil yang lebih penting," terangnya sembari mengklaim korekannya mampu bejaban dengan yang lain.

 

 

 

 

Gbr 2

 

 


Noken as Smash. Buka tutup klep cepat


Koil RM 125. lebih mantap


Karburator Keihin PE 28 Responsif dan galak

Saat diuji coba dengan alat Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport mampu melesat lebih cepat dari standarnya. Dengan hasil, si Shogi bertengger di 11,9 dk/6.500 rpm. Artinya, power naik 1,5 dk dibanding standarnya 10,4 dk/8.000 rpm. Mantaaf..!

 

Kepala Silinder & Blok

Pada blok, volume mesin naik 10 cc jadi 135 cc berkat piston Suzuki Thunder 125 oversize 50 dari sebelumnya hanya 125 cc.

 

Sedang kepala silinder dipapas 0,5 mm, agar kompresi lebih padat dan porting polish pun dilakoni sebanyak 1,2 mm di bagian saluran in-ex. Hasilnya, percampuran bahan bakar dan udara yang masuk dan pembakaran yang keluar lebih lancar.

 

Karburator

 

 

 

Gbr 3

 

Standarnya ukuran 18 mm dirasa kurang mumpuni. Maka diganti Keihin PE berventuri 28 mm copotan dari Honda NSR 150 SP. "Lebih responsif dan galak," kata pria biasa disapa Iwa ini.

 

Noken As

 

 

Gbr 4

 

 

Aslinya dipensiunkan dan diganti milik Suzuki Smash. Bertujuan, buka dan tutup klep lebih cepat dan lebih tinggi, makanya bagian pantat noken as dipapas 2 mm buat mengejar tarikan awal lebih galak.

 

Knalpot

 

Demi memperlancar aliran gas buang lebih plong, dipercayakan knalpot racing yang sudah banyak dijajakan di gerai aksesori.

 

CDI dan Koil

 

Otak kelistrikan harus memiliki tegangan yang tinggi guna mengimbangi karakter mesin. "CDI Shogun lama masih orisinal Jepang dan ketahanannya udah gak diragukan lagi," ucapnya. Nah, sebagai penyuplai listrik menjadi api di busi, dipasang koil RM 125 sebagai pembakar bahan bakar di mesin jadi sempurna.

 

 

Gbr 5

 


Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com



Sponsored Links

Cara Ganti Sekring yang Putus
Bagi kebanyakan pemilik mobil, meski mungkin sudah tidak asing dengan nama sekring, tapi tak tahu le...

POROS GARDAN
(PROPELLER SHAFT) Pada mobil dengan mesin di depan dan penggeraknya roda belakang, tenaga putar da...

Utilitas - memasang kawat pelindung, cegah pentalan kerikil?
Lubang pada gril maupun bumper dibuat agar angin bisa menembus masuk. Banyak fungsi dari lubang ini,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru