Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

EZ Matic : Konversi Transmisi Manual ke Matic


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: SO team - situsotomotif.com

 

ez matic1

Transmisi manual dan otomatis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dan peminatnya sendiri-sendiri pula. Namun bukan tidak mungkin anda berubah pikiran... terlanjur beli mobil dengan trasmisi manual (manual transmission) dan ingin konversi alias merubah menjadi transmisi otomatis (automatic transmission) Bisa, tidak sulit, dan tidak terlalu mahal kok.


Tapi saat ini buat SO'Mers yang memiliki mobil bertransmisi manual telah dapat melakukan konversi jenis tranmisinya menjadi matic tanpa harus merubah transmisi originalnya dan tanpa harus mengeluarkan uang Seperangkat alat konversi transmisi ini bernama EZ Matic atau bisa juga disebut EasyClutch. EZ Matic sendiri merupakan sebuah sistem kopling otomatis multifungsi yang mampu mengubah transmisi manual menjadi matic dan dapat diaplikasikan pada semua jenis mobil yang bertransmisi manual, tanpa harus merubah transmisi orisinil mobil secara mekanikal.

Telah banyak pemilik mobil yang menggunakan EZ matic sebagai solusi aman dan nyaman dalam mengendarai mobil manual, karena memang perangkat ini sebenarnya sudah lama ada dan dikenal, karena telah hadir di Indonesia kira-kira sudah hampir 15 tahun.

Keunggulan teknologi EZ Matic

Bisa dibilang EZ Matic ini semacam transmisi Triptonic (semi automatic) dimana kopling yang seharusnya ada dikaki kiri pindah pengoperasiannya di girknob (Shift Knob). Selain itu pada sistem EZ Matic juga memiliki fitur switch mode yang bisa diletakkan disebelah kanan setir yang dapat berfungsi sebagai switch pengubah dari mode EZ Matic  ke mode full manual seperti transmisi orisinilnya. Jadi apabila pengemudi bosan menggunakan mode automatic, transmisi dapat diubah kembali ke mode manual tanpa perlu melepas perangkat EZ Matic yang sudah terpasang.        

Dengan menggunakan EZ Matic, pengemudi memang tetap harus melakukan perpindahan gigi melalui shift knob, akan tetapi tidak perlu menginjak pedal kopling untuk melakukannya, yang diperlukan hanya tinggal menekan tombol shift sebagai yang terdapat pada shift knob dari EZ Matic, lalu lakukan perpindahan gigi seperti biasa.

Menggunakan EZ Matic, juga bisa dipastikan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan yang bertransmisi full automatic dan tetap dapat memanfaatkan Engine Break (pengurangan kecepatan dengan bantuan putaran mesin) saat ingin memperlambat laju mobil, sehingga kanvas rem kendaraan tetap awet. Semua pekerjaan kaki kiri (menekan pedal kopling) akan dilakukan oleh perangkat ini dengan bantuan komputer yang canggih, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan umur kanvas kopling.

Berbeda dengan kendaraan bertransmisi full automatic ketika mobil mogok tidak bisa didorong untuk menghidupkan mesin mobil, maka untuk mobil transmisi manual yang memasang piranti EZ Matic, mendorng mobil tetap masih dapat dilakukan dengan hanya mengubah mode switch ke posisi manual, kemudian mobil didorong untuk menghidupkan mesinnya. Walaupun piranti ini dipasang didalam kompartemen mesin tapi tidak usah khawatir kalau piranti ini dapat rusak atau terendam air karena memang sudah didesain untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.  

Pemasangan
Satu set komponen produk dari EZ Matic / EasyClutch terdiri dari komponen berteknologi canggih, seperti penggerak/actuator (motor pegas cam, kopling-posisi sensor, silinder/peyangga kabel) unit pengontrol dengan CPU, tuas gear (tombol shift, tombol hill), mode switch, akselerasi/tombol pedal kopling, pipa hidrolik/kabel kopling pengikat kabel kelistrikan, fixing brackets, dan sensor kecepatan sebagai pilihan (optional).
ez matic2


CPU pada perangkat EZ Matic merupakan komponen yang mampu menganalisa RPM mesin dan kecepatan sinyal, fungsi pedal, pergerakan gear knob serta membantu kelistrikan motor dari komponen aktuator EZ Matic yang terpasang di ruang mesin untuk pengaturan pengoplingan dan tidak mengopling, jadi CPU merupakan otak / pengendali dari EZ matic. Remapping EZ Clutch dari CPU pun harus dilakukan namun hanya perlu dilakukan selama 6 bulan sampai setahun sekali saja.

Untuk pemasangannya, antara mobil lansiran Asia dengan lansiran Eropa dan Amerika terdapat perbedaan. Dikarenakan mobil-mobil lansiran Asia memiliki mesin dengan sistem elektrikal yang tidak terlalu rumit dan sensitif, maka pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 1 hari. Sedangkan untuk mobil-mobil lansiran Eropa dan Amerika membutuhkan waktu selama 2-3 hari dikarenakan perlengkapan elektriknya lebih sensitif, sehingga diperlukan kehati-hatian dan ketelitian lebih didalam pengerjaannya. Hal ini pun berimbas dengan ongkos pemasangan, dimana untuk mobil-mobil lansiran Asia harga yang dipatok sebesar 8.5 juta dan untuk mobil-mobil Eropa dan Amerika dipatok harga sebesar 10 juta.

Test Drive

Berbeda dengan mobil yang memakai transmisi full automatic dimana pada saat putaran mesin rendah, tarikan awal terasa berat dan mobil transmisi full manual yang memiliki jeda perpindahan gigi. Ketika SO ikut berkendara menggunakan mobil manual yang sudah memasang EZ Matic, SO merasakan tarikan awal menjadi lebih responsif, begitupun ketika mobil dipacu dalam putaran rendah hingga tinggi, pada saat perpindahan gir terasa tidak ada jedanya dan membuat laju mobil lebih halus dan responsif melesat.

EZ Matic memang dirancang secara khusus untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara untuk semua jenis mobil yang bertransmisi manual, karena tidak perlu adanya perubahan dibagian mesin ataupun girboks, transmisi mampu dibuat menjadi matic. EZ Matic mampu menggabungkan kelebihan mobil bertransmisi manual dan matic.

Info :
EZ CLUTCH
Jakarta EasyClutch Service Center
Jl. Kelapa Hybrida Raya Blok PE 10 No. 6
Kelapa Gading Permai, Jakarta - Utara
Phone : (021) 4504454 / 4526378 / 4531905



Sponsored Links

Upgrade performance - Naik spuyer di saat ganti knalpot dan CDI?
Ganti knalpot aftremarket, memang jadi jurus paling jitu buat mendongkrak tenaga besutan kesayangan ...

PEMERIKSAAN KOMPONEN TRANSMISI
1. Periksa poros output dan luncuran dalam.

Modifikasi Guidance - Innova Ceper Tanpa Jedag-Jedug
Punya Innova gaul, pelek besar dan sedikit ceper? Baru sedikit ceper kok di area belakang sudah jeda...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru