Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Pasang dimmer instrument cluster, mencegah pegal pada mata?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Rio / Rio

Namanya mata manusia pasti ada keterbatasan. Apaladi malam hari di musim hujan gini. Melihat beragam fungsi di instrument cluster lama-lama pasti bikin mata pegal.

 

Coba saja bayangkan mengemudi malam hari di tol Cipularang, hujan deras tengah mengguyur dengan semangat. Mana enggak ada mobil lain di sekitar.

 

"Enaknya kalau ada dimmer, begitu mata capek melihat lampu yang begitu terang. Tinggal puter saja pengatur cahaya supaya agak redup," terang Wira Sentosa dari SACS di Jl. Pondok Gede Raya No.24, Jaktim.

 

Sekarang pasang aja dimmer aftermarket. Wira kini membuat dimmer untuk berbagai jenis kendaraan. Harganya Rp 150 ribu sudah termasuk biaya pasang. Kalau ingin pasang sendiri silahkan melanjutkan baca artikel ini. Berikut contoh pemasangan pada Honda Genio lansiran 1994.

 

Pertama tentu harus membongkar dasbor, tapi tenang saja, yang dibongkar cukup panel penutup instrument cluster. Buka 2 buah skrup di bagian bawah tudung dasbor, dan 1 buah lagi di samping kanan tombol hazard dengan obeng kembang.

 

Setelah terbuka, akan terlihat beragam kabel, sekarang giliran buka perangkat instrument cluster. Masih menggunakan obeng kembang, buka 4 buah skrup pengunci instrument cluster, masing-masing 2 buah tiap sisi kiri dan kanan (Gbr.1).

 

Sudah terlepas semua? Sekarang tinggal merakit dimmer kit yang sudah dilengkapi tombol potensio meter untuk mengatur cahaya yang diinginkan (Gbr.2). Terdapat 3 buah kabel berwarna hijau, merah dan hitam.

 

"Sistemnya enggak susah kok, cuma bypass kabel untuk lampu indikator dasbor dengan alat dimmer," lanjut ayah seorang putri ini. Cabut perangkat dasbor, tapi jangan sampai lupa untuk melepas terlebih dahulu soket kabel listrik di bagian belakang dasbor (Gbr.3). Ingat ya, ada 2 buah soket di sisi kiri dan kanan dasbor.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


 

Gambar 3

Gambar 3

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

Sekarang tinggal cari kabel lampu instrument cluster pada soket sebelah kanan dasbor. Gampangnya, cari soket yang lebih panjang dengan total 9 buah terminal.

 

Cari kabel warna merah dengan strip hitam untuk lampu dasbor. Gunting kabel tersebut untuk bypass kabel dari dimmer (Gbr.4). Kini tinggal proses penyambungan kabel. Tapi enggak boleh terbalik ketika pemasangan kabel.

 

 

 


Gambar 5

Gambar 5

 

 

"Prinsipnya kabel warna hijau untuk ke terminal soket, lalu kabel warna merah untuk yang ke arus positif mobil," terang Wira lagi. Lalu kabel hitam dari dimmer dijumper ke kabel hitam juga dasbor, yang berguna untuk kabel massa. Jangan kelewatan isolasi sambungan kabel dengan isolasi listrik supaya mencegah korslet.

 

Selesai instalasi, letakkan dimmer di tempat yang tersembunyi di dalam dasbor. Sedang tombol pengatur dimmer bisa ditaruh pada samping kanan tombol lampu kabut (Gbr.5).

 

Paling enak bor dudukan tombol sesuai dengan besaran lubang drat. Selesai deh urusan instalasi, tinggal coba kinerjanya. Selama tidak ada kesalahan pemasangan kabel, dijamin dimmer berfungsi sempurna.

 

Sekarang tinggal menikmati redupnya suasana kabin kala berpergian luar kota. Setel saja Unfold dari Jason Mraz, selanjutnya tinggal menikmati suasana jalanan.

 

Sumber :Penulis/Foto: Rio / Rio - otomotifnet.com



Sponsored Links

Honda Mega Pro - Bersihkan kran bensin motor kamu?
Pada motor sport kayak Honda Mega Pro, ada peranti yang jarang banget dijamah. Yup! Alat itu kran be...

Service berkala 80.000 km - Servis besar ke 2, apa aja, chek listnya?
Jarak tempuh mobil sangat memenga­ruhi kinerja dapur pacu standarnya. Setelah menempuh jarak dengan ...

Bajaj XCD 125 - Ragam subtitusi part bajaj XCD 125 : mayoritas part honda!
Sama seperti motor lain, di soal spare-part, Bajaj XCD 125 juga punya substitusinya, lo. "Setelah ki...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru