Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Ganti Motor Van Radiator Avanza


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/foto:Popo - otomotifnet.com

Bagi pemilik Toyota Avanza yang mobilnya telah berjalan lebih dari 90.000 km jangan langsung panik bila tiba-tiba mesin mobilnya panas mendadak. Suhunya melebihi kondisi normal dan tenaganya pun mendadak loyo. "Bisa jadi motor van radiatornya mati," terka Irwansyah, Kepala Mekanik Astrindo Toyota Kebon Jeruk.

Menurutnya pada Avanza yang sudah mencapai 90 sampai 100 ribu kilometer part yang satu ini sudah menurun kinerjanya. "Biasanya langsung mati dan ketika mati umumnya pengendara tidak menyadari. Baru disadari setelah merasa mesinnya sering panas," tambah pria tinggi kurus ini.

Letak motor van radiator ini berada di balik grill di belakang radiator. Fungsinya meniupkan angin tambahan untuk mendinginkan radiator. Selain mendapat angin arah dari arah depan saat mobil berjalan, radiator memperoleh pendinginan dari kipas ini.

Bila motor van radiator ini mati efeknya mesin jadi lebih panas karena kurangnya pasokan udara terutama saat diam atau jalan di tengah kemacetan. Ciri lainnya yang bisa dirasakan adalah mesin yang ngelitik. Hal ini terjadi karena suhu diruang bakar telalu panas.

"Selain itu AC juga jadi enggak dingin, hal ini disebabkan motor van radiator juga berfungsi melakukan kondensasi pada AC. Kalau sudah begini jangan dibiarkan begitu saja. Lebih baik diganti baru," saran Irwansyah sambil menyebut Rp 450 ribu untuk motor van berikut rumah kipas dan bilah kipasnya.

Lengkap tinggal pasang, dan tidak ada langkah khusus untuk memasangnya. Bisa diserahkan pada bengkel atau dikerjakan sendiri. Cocok nih, apalagi buat yang mau perjalanan jauh mudik lebaran ke kampung halaman.



Sponsored Links

Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor
Rumah soket sekering dari aki sangat rawan terhadap percikan api karena gampang korsleting. Karena b...

Pakai paking seng, tarikan supra makin greng!!!
Punya motor berumur (10 tahun ke atas) harus siap siap risiko-risikonya. Terutama kalo cari komponen...

Service Guidance - 10 Solusi Kerusakan Head Unit
Rentan di motor penggerak dan sensor-sensor, head unit sebagai komando sekaligus sumber suara juga r...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru