Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Fungsi Komponen dan Spare Part

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Service Guidance - Service GGuidance
Bukan cuma petinju yang knocked out (KO) setelah adu jotos di atas ring. Lampu rem juga bisa padam lantaran kalah tinju dengan pedal rem. Seperti itulah nasib lampu rem mobil Isuzu Panther lansiran tahun 2000 andalan Bang Somad yang biasa dipakai sehari-hari ke kantor. Setelah diperiksa bagian sekring

Service Guidance - Solusi Jarum Indikator RPM Satria F150 Ngaco
Ahmad Dayan lagi asyik-asyiknya naik Suzuki Satria FU 150 di jalan. Eh, mendadak jarum indikator tunggangannya itu gak sinkron sama suara raungan mesin alias mati. Tapi dalam hitungan jari, tuh jarum normal lagi, terus ngaco lagi. "Wah, hidup segan mati tak mau, nih!" umpatnya.

Service Guidance - Substitusi Regulator Kaca Daihatsu Espass
Jika keausan terjadi, engkol diputar kuat-kuat kaca depan Anda tetap ogah bergerak. Selain air hujan, debu di jalan pun otomatis jadi mudah masuk ke dalam kabin.

Service Guidance -Perawatan Rem Teromol Saat Hujan
Peranti vital kendaraan salah satunya adalah rem. Pengurang laju ini, harus dalam kondisi prima di setiap saat. Tak peduli musim panas, musim duren atau pun musim hujan, rem harus melaksanakan tugasnya dengan baik. Namun ada penyakit kerap kumat kala musim hujan. Jika penggunanya bisa terkena influenza, rem sakit ketika mobil sudah selesai digunakan. Penyakit apakah itu?

Servis Karburator - Hindaki Kebakaran, Setel Pelampung Karburator
Banyak kasus kebocoran atau rembesan bensin dari karburator terjadi pada tunggangan motormania. Entah akibat usia peranti itu sudah lebih dari setahun atau masih tergolong anyar. Saat besutan diparkir, bensin menetes ke lantai dan menimbulkan bau menyengat. Bahayanya, kalau tersulut api - kecil saja (puntung rokok atau kebocoran percikan api busi) bisa memicu kebakaran

Settingan CDI untuk bikers gendut agar Motor bisa ngacir bro!
Memiliki bobot tubuh 80 kg dan tinggi 170 cm, Rahmat merasa lari motor kesayangannnya kurang pas dengan posturnya tersebut.

Sistem bahan bakar
Sebelum dilakukan pembakaran, udara dan bensin harus dicmpur lebih dahulu sehingga menjadi berbentuk kabut (gas).

Sistem kelistrikan mesin
Sistem kelistrikan mesin terdiri atas bagian bagiannya, yaitu batere (aki) yang mensuplai listrik ke komponen kelistrikan lainnya, sistem pengisian yang mensuplai listrik ke batere, sistem starter yang memutar mesin permulaan, sistem pengapian yang membakar campuran udara bahan bakar yang dihisap ke dalam silinder.

SISTEM KEMUDI
Sistem kemudi berfungsi mengatur arah kendaraan dengan cara,membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, kolom kemudi meneruskan putaran ke roda gigi kemudi. Roda gigi kemudi ini memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui sambungan-sambungan kemudi (steering linkage).

Sistem pelumasan
di dalam mesin terdapat bagian-bagian yang bergerak, Untuk mencegah keausan akibat gesekan pada bagian yang bergerak maka disalurkanlah minyak pelumas (oli) melaluisistem pelumasan.

Sistem pendinginan
Panas hasil pembakaran di dalam mesin, sebagian diubah menjadi tenaga penggerak, sebagian dibuang keluar sebagian gas buang,dan sebagian lagi diserap oleh bagian-bagian mesin.

SISTEM PENGAPIAN DENGAN BATERE
memperlihatkan konstruksi sistem pengapian yang menggunakan batere sebagai sumber listriknya, disebut sebagai sistem pengapian batere.

SISTEM PENGISIAN
Batere dengan kapasitas tertentu, tidak memungkinkan dipakai secara terus-menerus mensuplai kebutuhan listrik pada mesin atau komponen lainnya pada mobil.

SISTEM REM
Sistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan di tempat yang menurun.

SISTEM STARTER
Untuk menghidupkan mesin diperlukan tenaga dari luar yang dapat memutarkan poros engkol sampai terjadi pembakaran dan mesin bekerja.

SISTEM SUSPENSI
Sistem suspensi terletak di antara bodi atau rangka dan roda-roda dan berfungsi menyerap kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan jalan, sehingga memberikan kenyamanan pengendara.

Speaker split - Upgrade audio mobil keluarga!
Mau tidak mau, penambahan sepasang tweeter pada Avanza G wajib hukumnya. Hal tersebut untuk melengkapi rentang frekuensi atau tonal balance yang merata.

Spion sein Honda Jazz - Masih penting banget bung!
Hayo tebak, berapa unit Honda Jazz model pertama yang mondar-mandir di jalanan? Betul! Jawabannya hampir 100 ribuan unit. Sayangnya, cuma keluaran 2007-2008 yang spionnya sudah pakai lampu sein. Nah untuk keluaran 2004-2007, silakan kala mau pasang dengan menebus produk aftermarketnya.

Substitusi Part - Substitusi Gir Roda Suzuki Thunder 125
Aplikasi ban besar hampir menjadi sebuah tradisi bagi para motormania pembesut kuda besi jenis sport. Aliran ini akrab disebut juga dengan touring style. Ciri-cirinya, ban lebar dipadu setang turing yang lebar pula.

Suspensi Mobil - Strut bar, setting suspensi tingkat tinggi?
Suatu hari, meja redaksi kedatangan sebuah surat elektronik dari Diaz Ananda. Salah satu hal yang diangkat adalah soal pemakaian strut bar dan underbrace. Kedua komponen ini cukup tenar kala bicara soal suspensi. Namun seberapa penting pemakaiannya pada kendaraan andalan? Simak panduannya berikut ini.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Sponsored Links

Substitusi Part Motor - Substitusi master rem Thunder 125!
Bagi Bayu Maulana, enggak ada hal yang lebih aneh dari kejadian blongnya rem depan Suzuki Thunder 12...

Utilitas - Pasang Pendingin Kaliper Rem Depan
Suhu yang terlalu panas pada perangkat rem depan motor dapat berpengaruh pada performa pengereman. A...

Kawasaki ZX 6R Siap Masuk Pasar Motor Nasional
Sesosok motor sport berwarna putih sempat menyita mata pengunjung pada acara peluncuran produk bebek...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru