Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Yamaha Vega-R - atasi karburator Vega-R banjir, cegah loyo plus kebakaran ok!
Karburator merupakan tempat pengabutan bahan bakar dan udara sebelum dialirkan ke ruang bakar. Makanya, alat itu harus bekerja dengan sempurna. Kalau tidak, dijamin besutan ngadat, mulai dari mogok, loyo atau boros bensin.

Cuci ulang filter udara, performa kembali lega!
Komponen ini boleh dibilang mempunyai umur yang bergantung pada keadaan lingkungan sekitar. Kalau dipakai pada rute yang berdebu, tak jarang penggantian akan sering dilakukan.

Service besar motor - Menakar biaya servis besar sepeda motor
Motor dipakai tiap hari pasti banyak perubahan pada kinerja komponen. Makanya, selain perlu diservis berkala, juga servis besar (SB) pada periode tertentu agar fungsi onderdil kembali fit. Waktu umumnya di atas 2 tahun atau sekitar 40.000-50.000 km, sesuai pemakaian.

Buat pelindung sasis belakang - Honda Blade cegah karat datang..
Kalau melihat tampilan dari Honda Blade 110R memang enggak ada matinya. Desain yang ciamik dipadu performa gahar, membuat motor ini jadi impian banyak orang. Tapi coba perhatikan lebih detail di sektor buritan. Khususnya di daerah sepatbor belakang.

Perawatan Motor - Deteksi problem di suzuki Satria FU lebih dini!
Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. Gitu juga di motor, tak selalu sempurna. Pasti ada aja problemnya, baik ringan atau berat. Contoh di Suzuki Satria FU 150. Sosok dan performa emang oke, tapi ada beberapa hal dikeluhkan pemiliknya.

Skutik - Rawat tali gas skutik, hindari nyelonong sendiri karna bisa berbahaya!!
Akibat tali gas (gbr.1) nyangkut, Bambang pemilik Yamaha Mio 2008 ini hampir celaka. Maklum, saat grip gas dipelintir, eh ogah balik lagi. Alhasil, skutik itu pun meraung keras dan nyelonong. Untung Bambang masih bisa meng-handle.

Rajin servis,asap tipis, emisi rendah..
Penerapan uji emisi bagi ken­daraan, membuat penggu­nanya harus menjaga kondisi mesin tetap prima, plus ra­mah lingkungan. Lantas seperti apa yang harus dilakukan agar motor kesayangan lolos ketika dilakukan uji emisi ini? Tentu berbagai komponen yang berhubungan dengan dapur pacu harus diperhatikan dan dirawat.

Subtitusi kampas rem depan Mega Pro?
Umur 6 tahun, buat Honda Mega-Pro seperti milik Aries Maulana udah masuk kategori berumur. Dipastikan beberapa komponennya sudah mulai aus dan perlu diganti. Terlebih kayak kampas rem, baik depan dan belakang yang tergolong part fastmoving. Itu tentu agar fungsi kinerjanya tetap maksimal menjaga keselamatan.

Sokbreker belakang Scorpio anda bermasalah? mungkin ini solusinya!
Bagi pemilik besutan Yamaha Scorpio, sering kali dihinggapi masalah pada kaki-kaki belakang. Bahkan, ada yang sampai patah pada as sokbrekernya akibat memakai perangkat peninggi sok atau anting tambahan. Kenapa ya?

Kuras air radiator Honda CBR 150?
Sudah tahu, kan? Fungsi radiator sebagai peranti pendukung pendingin mesin saat berkendara, baik jarak jauh atau dekat agar suhu mesin stabil. Peranti ini umumnya ada di motor sport. Salah satunya Honda CBR 150 cc.

Honda Tiger - ganti sil stut kopling Tiger, supaya oli tak merembes..
Oli adalah unsur penting dalam mesin, buat mencegah keausan dan membantu pendinginan. Makanya kualitas dan kuantitasnya wajib dijaga agar jeroan mesin terhindar dari kerusakan.

Sederet problem Scorpio, bagaimana solusinya?
Setelah Honda Tiger, Yamaha Scorpio jadi motor sport turing pabrikan Jepang yang banyak penggemarnya. Dengan kapasitas mesin 225 cc, tentu si Kalajengking punya power yang bisa diandalkan. Baik saat diajak melibas jalanan menanjak maupun trek lurus.

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!
Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hamim pada Yamaha Jupiter MX 2007-nya. Kerap kali, peranti peredam kejut depannya mengalami kebocoran.

Rantai
terdiri dari banyak bagian yang kerjanya berlawanan satu sama lain, tanpa adanya pelumasan rantai akan aus yang berlebihan. Oleh karena itu biasakan merawat rantai secara berkala, terutama pada kondisi jalan kotor atau berdebu. Kelonggaran rantai yang berlebihan dapat mengakibatkan rantai lepas dan dapat mengakibatkan kecelakaan serta kerusakan mesin yang serius, Rantai yang kotor dapat merusak rantai dan sproket,

Pemeriksaan akhir:
a) Sepeda motor jenis bebek: (1) Hidupkan mesin. (2) Masukkan gigi persneling satu (motor tidak boleh berjalan). (3) Injak/tekan terus tuas persneling. (4) Putar gas pelan-pelan dengan rpm/putaran mesin per menit diatas stasioner/langsung tetapi jangan terlalu tinggi (motor tidak boleh jalan).

Perawatan rutin
perawatan dan pemeliharaan sehari-hari secara rutin terhadap sepeda motor. sebetulnya jauh lebih baik dibandingkan memperbaiki kerusakan sepeda motor tersebut, artinya sebelum kendaraan mengalami kerusakan lebih baik dirawat secara rutin.

Perawatan umum mesin sepeda motor
a) bersihkan badan sepeda motor, buanglah kotoran dan debu yang melekat pada badan , dan mesinnya untuk mencegah/ menghindari agar supaya jangan masuk kedalam bagian mesin.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Sponsored Links

Oto Tips Mobil - Cegah Getar Di Balik Pilar Toyota Avanza
Tinggal gunting double tape dan dibuat mengikuti tarikan garis bukaan pintu. Ukur panjangnya sesuai ...

Suzuki Skydrive - Upgrade CVT, Lincah dan dipakai gejos?
Skutik Suzuki Skydrive dengan modal mesin 125cc, sudah terkenal lincah dan responsif. Tapi buat bike...

Service Guidance - Dampak Engine Mounting Rusak
Sudah kodratnya engine mounting diciptakan untuk menjaga pondasi mesin mobil. Boleh saja mesin goyan...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru