Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Modifikasi Guidancetos - Pasang Kepet di Honda Tiger Revo
Sedia payung sebelum hujan, itu kalau buat pejalan kaki. Buat pengendara motor? Ya selain punya jas hujan, juga kepet. Lho, kok? Iya, karena kepet itu berguna saat musim hujan seperti sekarang, untuk menahan cipratan air. Jadi enggak lecyeek, kan?

Pasang frame slider Kawasaki Ninja 250 - mencegah Fairing atah!
Kawasaki Ninja 250 cukup diminati motormania di Indonesia. Maklum, tampilan sportinya kerap membius adrenalin pencinta besutan bergaya moge. Bahkan part-part pendukungnya juga sudah banyak dijual di pasaran. Dari yang berkategori sebagai pemanis tampilan, sampai yang berfungsi sebagi pelindung (guard) kuda besi itu. Salah satunya part yang disebut frame slider yang dijual Rp 1,5 juta.

Pemeriksaan akhir:
a) Sepeda motor jenis bebek: (1) Hidupkan mesin. (2) Masukkan gigi persneling satu (motor tidak boleh berjalan). (3) Injak/tekan terus tuas persneling. (4) Putar gas pelan-pelan dengan rpm/putaran mesin per menit diatas stasioner/langsung tetapi jangan terlalu tinggi (motor tidak boleh jalan).

Perawatan CVT Skutik - Bersihin Filter CVT Suzuki Spin 125
Buat pembesut skutik, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya peranti CVT. Nah, kalo pengin tarikan tunggangan Anda tetap yahud, bagian ini mesti bersih dari segala macam kotoran. Pasalnya kalo rumah CVT atau komponen transmisi itu kemasukan kotoran maupun terkena minyak, akan timbul bunyi berisik kayak suara tikus kejepit dan sangat mengganggu kinerja CVT

Perawatan Motor - Deteksi problem di suzuki Satria FU lebih dini!
Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. Gitu juga di motor, tak selalu sempurna. Pasti ada aja problemnya, baik ringan atau berat. Contoh di Suzuki Satria FU 150. Sosok dan performa emang oke, tapi ada beberapa hal dikeluhkan pemiliknya.

Perawatan motor - Cukup cek dan di bersihkan, beres!
Enggak cuma motor lawas bin berumur, yang baru juga bisa aja dihinggapi masalah. Pemicunya, tentu beragam. Bisa karena perlakuan buruk atau kecerobohan pemakaian si pemilik dan lainnya. Contoh dialami beberapa pemilik Honda Blade. Di antaranya; tarikan brebet dan lampu persneling mati. Tapi tenang, berikut ini kami beri cara mendeteksi plus solusinya.

Perawatan rutin
perawatan dan pemeliharaan sehari-hari secara rutin terhadap sepeda motor. sebetulnya jauh lebih baik dibandingkan memperbaiki kerusakan sepeda motor tersebut, artinya sebelum kendaraan mengalami kerusakan lebih baik dirawat secara rutin.

Perawatan umum mesin sepeda motor
a) bersihkan badan sepeda motor, buanglah kotoran dan debu yang melekat pada badan , dan mesinnya untuk mencegah/ menghindari agar supaya jangan masuk kedalam bagian mesin.

Rajin servis,asap tipis, emisi rendah..
Penerapan uji emisi bagi ken­daraan, membuat penggu­nanya harus menjaga kondisi mesin tetap prima, plus ra­mah lingkungan. Lantas seperti apa yang harus dilakukan agar motor kesayangan lolos ketika dilakukan uji emisi ini? Tentu berbagai komponen yang berhubungan dengan dapur pacu harus diperhatikan dan dirawat.

Rantai
terdiri dari banyak bagian yang kerjanya berlawanan satu sama lain, tanpa adanya pelumasan rantai akan aus yang berlebihan. Oleh karena itu biasakan merawat rantai secara berkala, terutama pada kondisi jalan kotor atau berdebu. Kelonggaran rantai yang berlebihan dapat mengakibatkan rantai lepas dan dapat mengakibatkan kecelakaan serta kerusakan mesin yang serius, Rantai yang kotor dapat merusak rantai dan sproket,

Sederet problem Scorpio, bagaimana solusinya?
Setelah Honda Tiger, Yamaha Scorpio jadi motor sport turing pabrikan Jepang yang banyak penggemarnya. Dengan kapasitas mesin 225 cc, tentu si Kalajengking punya power yang bisa diandalkan. Baik saat diajak melibas jalanan menanjak maupun trek lurus.

Service besar motor - Menakar biaya servis besar sepeda motor
Motor dipakai tiap hari pasti banyak perubahan pada kinerja komponen. Makanya, selain perlu diservis berkala, juga servis besar (SB) pada periode tertentu agar fungsi onderdil kembali fit. Waktu umumnya di atas 2 tahun atau sekitar 40.000-50.000 km, sesuai pemakaian.

Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang
Saat enak-enaknya bermanuver di tikungan, Putra Santoso pembesut skutik Suzuki Skywave 2008 merasakan ada yang kurang mantap dari kuda besinya di bagian belakang. "Terasa agak sedikit bergoyang atau ngayun," ucap warga Srengseng Sawah, Jakbar ini.

Service Guidance - Atasi Motor Mogok Pasca Terendam Banjir
Banjir yang mulai menyerang belakangan ini banyak bikin keok sepeda motor yang coba-coba menerjangnya. Nah, kalau sudah apes begitu, biasanya peran bengkel paling diincar. Sebab masih banyak motormania yang bingung kala mengahadapi situasi seperti ini (motor mogok terendam banjir). Alasan lain, gak bawa kunci-kunci tambahan.

Service Guidance - Beda Tipe Beda Perlakuan Filter Udara
Filter udara di motor sudah mengalami tiga kali evolusi. Generasi pertama, menggunakan bahan busa. Lanjut tipe kertas kering dan kemudian yang terakhir dan terbaru, kertas basah. Lantaran beda tipe, tentunya beda pula di soal perlakuan.

Service Guidance - Bersihin Nosel Injeksi Yamaha V-Ixion
Coba tengok sistem pengabut bahan bakar yang diaplikasi pada motor Yamaha V-Ixion! Nah, motor yang dijual seharga Rp 19 juta-an ini sudah memakai teknologi injeksi, bukan karburator seperti di motor-motor kebanyakan.

Service Guidance - Cara Setting Karbu Ninja 250
Mau servis ringan Kawasaki Ninja 250 atau bahkan mau ngoprek performa mesinnya biar makin galak? Kedua aktivitas ini tentunya membutuhkan setting karburator. Tapi jangan main-main karena konstruksi karburator Ninja 250 ini twin seirama jumlah silindernya yang juga ada dua. "Salah setting mesin malah jadi pincang karena settingan karburator antara kanan dan kiri tidak sama," buka Hendrik pemilik showroom sekaligus bengkel khusus motor CBU, Probike ini.

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (1)
Mengecek kaki-kaki motor untuk mudik, sama pentingnya dengan memastikan kesehatan mesin. Kesehatan roda dan suspensi penting buat jalan jauh. Ini nentuin kenyamanan pulkam alias pulang kampung. Percuma mesin tokcer namun roda enggak mutar.

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (2)
BALANSING PELEK Beres urusan ban, Dodi Yanto nyaranin cek kesiapan pelek. Pastiin pelek gak oleng dan balans. Sebaiknya dibawa ke tukang pelek. Sebab, jika ada masalah ia bisa perbaiki. Tapi, untuk mengecek bisa dilakukan sendiri. Untuk pelek jari-jari (spoke wheel) periksa kekencangan jeruji. Di pelek racing (casting wheel), liat aja oleng atau nggak.

Service Guidance - Inreyen Motor Oversize (2-Tak)
Inreyen pada motor 2-tak yang baru turun mesin juga perlu dilakukan. Seperti poles liner silinder setelah oversize. Tentu dengan cara yang tidak jauh beda seperti dilakukan di mesin 4-tak. Perlu diketahui, mesin 2-tak tidak gunakan klep dan sistem pelumasan inti berada di ruang bakar.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Sponsored Links

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia - Usah pusing setel kopling.. Avanza - Xenia
Kopling Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak menggunakan sistem hidraulis. Jadi, masih pakai kabel...

Usir hawa panas kabin dengan sunshade biar cepat dingin!
Semua orang suka dengan hari yang cerah. Tetapi panas matahari dengan sinar ultraviolet (UV) tinggi,...

Modifikasi Guidance - Peredam Atap Atasi Bising Hujan
Gemuruh titik air hujan yang jatuh ke atap bisa mengganggu kenikmatan mendengarkan lagu di dalam mob...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru