Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Service Guidance - Perawatan CVT Honda Vario
Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. Secara berkala komponen transmisi otomatisnya atau CVT juga perlu perawatan. Kalau sampai ada masalah bisa berabe tuh. Udah larinya lelet, suaranya pun berisik.

Service guidance - Perawatan sok belakang Yamaha Scorpio?
Bicara suspensi belakang, sok tunggal atau monosok sering dicap lebih oke dibanding model twin sok. Tapi enggak banyak yang tahu kalau ternyata sokbreker tunggal sendiri memiliki beberapa tipe seperti model monocross yang dipakai pada Yamaha Scorpio.

Service Guidance - Trik Ganti Arang Dinamo Starter Motor
Jika elektrik starter nggak berfungsi, arang motor starter kerap dituduh sebagai biang keladi. Pasalnya arang bisa aus lantaran kerjanya bergesekan dengan poros dinamo. Padahal jika diteliti, bukan cuma itu sebabnya. Komponen penunjang kerja motor starter juga perlu dilacak.

Service Guidance - Viscous Element Boleh Dibersihkan, Tapi...?
Sebenarnya yang namanya filter udara dengan teknologi viscous element atau tipe basah atau yang sering disebut dengan air filter free maintenance, memang tidak perlu dibersihkan. Tapi ternyata air filter model ini masih harus rutin diperiksa dan boleh dibersihkan. Khususnya di berapa daerah yang memiliki intensitas debu sangat tinggi.

Service Guidance - Yuk, Bersihin Kaliper Rem
Salah satu piranti paling vital saat berkendara adalah rem. Masa bisa ngebut tapi enggak bisa berhenti. Dan kini hampir semua sepeda motor dilengkapi disk brake atau rem cakram. Meski diklaim lebih pakem tapi tetap saja komponen ini bisa berkurang fungsinya bila kondisinya kotor.

Skutik - Rawat tali gas skutik, hindari nyelonong sendiri karna bisa berbahaya!!
Akibat tali gas (gbr.1) nyangkut, Bambang pemilik Yamaha Mio 2008 ini hampir celaka. Maklum, saat grip gas dipelintir, eh ogah balik lagi. Alhasil, skutik itu pun meraung keras dan nyelonong. Untung Bambang masih bisa meng-handle.

Sokbreker belakang Scorpio anda bermasalah? mungkin ini solusinya!
Bagi pemilik besutan Yamaha Scorpio, sering kali dihinggapi masalah pada kaki-kaki belakang. Bahkan, ada yang sampai patah pada as sokbrekernya akibat memakai perangkat peninggi sok atau anting tambahan. Kenapa ya?

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!
Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hamim pada Yamaha Jupiter MX 2007-nya. Kerap kali, peranti peredam kejut depannya mengalami kebocoran.

Substitusi Part Motor - Substitusi per kopling Kymco free LX!
Karena merasa lambat dalam berakselerasi, bikin Syaiful warga Maruya, Jakbar yang juga pemilik Kymco Free LX ini gerah. "Setiap mau nyusul kendaraan lain, suka gak yakin. Apalagi saat tanjakan, capek deh," keluhnya. Trus gimana, dunk?

Subtitusi kampas rem depan Mega Pro?
Umur 6 tahun, buat Honda Mega-Pro seperti milik Aries Maulana udah masuk kategori berumur. Dipastikan beberapa komponennya sudah mulai aus dan perlu diganti. Terlebih kayak kampas rem, baik depan dan belakang yang tergolong part fastmoving. Itu tentu agar fungsi kinerjanya tetap maksimal menjaga keselamatan.

Suzuki New Smash - Waspadai Knalpot Nembak
Mengejar standar Euro 2 hampir semua motor keluaran baru mengaplikasi fitur penekan emisi gas buang. Meskipun fungsinya sama tapi setiap pabrikan punya istilah sendiri. Misalnya Suzuki menyebut fitur ini PAIR System, Yamaha memberi nama Air Induction System (AIS), lantas Honda berjuluk PAIR Control Valve.

Suzuki Skydrive - Upgrade CVT, Lincah dan dipakai gejos?
Skutik Suzuki Skydrive dengan modal mesin 125cc, sudah terkenal lincah dan responsif. Tapi buat bikers yang suka ngebut, konon masih kurang jos. Biar makin lincah dipakai ngejos, rahasianya simple. Cukup upgrade CVT untuk mengurangi selip sehingga tenaga mesin bisa tersalur maksimal di roda.

Suzuki Smash - Mengatasi pelampung bensin ngadat?
Ada bahan obrolan di Club Suzuki Smash Jakarta. Seorang dari mereka mengeluhkan tunggangan hariannya. "Gile bro, semalam gue dorong motor cari pompa bensin gara-gara indikator bensin ngaco," celoteh Dita, ketua klub itu.

UpgradePerformance Pulsar 200 - Apakah intake manifold racing bermanfaat lagi?
Akselerasi tunggangan makin cepat dan irit bensin setelah pasang intake manifold racing (IMR)? Wah, pasti banyak motormania mau. Ups, emang ada alat itu? "Katanya sih gitu. Dan baru diproduksi buat Bajaj Pulsar 200," ungkap Deden Agung Widodo, pembesut motor asal India ini.

Usir Karat di Leher Knalpot Motor
Yang punya motor, coba perhatikan pada leher knalpot. Pasti terdapat karat, yang kalau didiamkan bisa membolongkan pipa saluran buang tersebut. Munculnya karat lantaran suhu yang begitu panaas di leher knalpot ketimbang di bagian ujungnya.

Yamaha Scorpio - Ih jorok, oli mesin Scorpio meler. ini solusinya!
Kalau hidung meler gara-gara pilek, pasti obat anti-flu dan istirahat jadi kombinasi senjata yang bisa diandalan. Tapi kalau motor yang meler, bagaimana hayo? Seperti yang dialami Sugiantoro pada Yamaha Scorpio keluaran 2007 miliknya.

Yamaha Vega-R - atasi karburator Vega-R banjir, cegah loyo plus kebakaran ok!
Karburator merupakan tempat pengabutan bahan bakar dan udara sebelum dialirkan ke ruang bakar. Makanya, alat itu harus bekerja dengan sempurna. Kalau tidak, dijamin besutan ngadat, mulai dari mogok, loyo atau boros bensin.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Sponsored Links

Mengatasi pilot bearing transmisi Macet nih..
Mesin dengan saluran udara dan sistem pengapian yang posisinya relatif tinggi memang cukup aman alia...

Panduan Modifikasi - Pasang Cakram Belakang Vario
Agar Buritan Semakin Mencengkeram Variomania yang ingin tampil beda, banyak cara bisa dilakukan. Mis...

Pemeriksaan akhir:
a) Sepeda motor jenis bebek: (1) Hidupkan mesin. (2) Masukkan gigi persneling satu (motor tidak ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru