Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Fungsi Komponen dan Spare Part

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Service Guidance - Deteksi Suspensi Yang Tidak Normal
Salah satu pembaca OTOMOTIF asal Tanjung Barat, Jaksel sempat bingung mengenai suspensi mobilnya yang miring. "Civic baru saya lebih tinggi yang kiri, sekitar 3 jari, lalu yang kanan hanya 2 jari," kira-kira begitu keluhnya. Padahal mobil ini masih standar dan masih seumur jagung.

Do it Yourself - Ganti Oli Sokbreker Sendiri
Buat motormania yang besutannya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 15.000-20.000 km, jangan lupa ganti oli sokbreker depan lo. Sebab pelumas ini yang mendukung kinerja sok bisa jadi empuk, sehingga rider lebih nyaman.

Kap Mesin Menganga? Setel Karet Stopper-nya Dong!
Pernah mengalami kejadian posisi kap mesin mobil kesayangan tak bisa menutup rapat padahal kap sudah mengancing? Besar kemungkinan ada benda yang mengganjal seperti kain lap, kunci-kunci atau dus spare part yang tertinggal di bagian pinggir sepatbor.

Service Guidance - Service GGuidance
Bukan cuma petinju yang knocked out (KO) setelah adu jotos di atas ring. Lampu rem juga bisa padam lantaran kalah tinju dengan pedal rem. Seperti itulah nasib lampu rem mobil Isuzu Panther lansiran tahun 2000 andalan Bang Somad yang biasa dipakai sehari-hari ke kantor. Setelah diperiksa bagian sekring

Oto-Tips Suzuki APV - Usir Sampah Di Celah Atas Roda Suzuki APV
Memarkir mobil di bawah pohon yang rindang, memang menyenangkan karena suasana jadi adem akibat terhindar sinar matahari. Tempat seperti ini biasanya jadi idaman sopir yang menunggu di dalam kendaraan. Tetapi awas, di balik suasana mengasyikkan itu, ada efek negatif mengintai.

Koil Untuk Mesin Bore-Up, Mana Yang Cocok?
Koil Untuk Mesin Bore-Up, Mana Yang Cocok? Ketika tunggangan sudah dibesarkan kapasitas mesinnya, umumnya sektor pengapian pun disesuaikan. Tak lagi pakai koil standar, tetapi diganti yang mampu menyuplai untuk kapasitas silinder lebih besar lagi. Asumsinya, kan pistonnya sudah gede, jadi perlu pendukung pengapian lebih gede juga

Audio Mobil - Menghilangkan Efek Storing
Gejala storing (alternator whine) kerap terjadi pada kabin mobil, yang sudah diupgrade sistem audio standarnya. Gejala awal yang sering muncul, kerap muncul suara melengking mengikuti putaran mesin mobil. "Bunyi seperti suara nguing akan semakin terdengar dan melengking, pada 2 ribu rpm ke atas," buka Maslim Djanuanto, instalatur Basis Audio di Taman Meruya, Jakbar

Service Guidance - Cara Setting Karbu Ninja 250
Mau servis ringan Kawasaki Ninja 250 atau bahkan mau ngoprek performa mesinnya biar makin galak? Kedua aktivitas ini tentunya membutuhkan setting karburator. Tapi jangan main-main karena konstruksi karburator Ninja 250 ini twin seirama jumlah silindernya yang juga ada dua. "Salah setting mesin malah jadi pincang karena settingan karburator antara kanan dan kiri tidak sama," buka Hendrik pemilik showroom sekaligus bengkel khusus motor CBU, Probike ini

Modifikasi Guidance - Merancang Mesin Balap Skubek (4)
Ibnu Sambodo yang begawan 4-tak masih percaya klep standar yang asli pabrik. Seperti klep Sonic yang dipakai untuk road race. Katanya punya material lebih terjamin kekutannya dibanding yang aftermarket dengan spek yang belum jelas dan tidak tahu buatan mana.

Modification Guidance - Ganjal Per Daun, Usir Berisik
Leaf spring atau per daun atau per pikul sampai saat ini masih banyak yang memakainya. Jika dahulu dipakai nyaris tiap mobil, sedan, minibus sampai mobil angkutan, kini masih ditemukan pada minibus atau mobil yang memiliki beban angkut yang besar. Per yang terbuat dari baja dan berupa lembaran ini diikat kedua ujungnya pada pegangan per. Salah satu pegangan bisa main demi lenturnya per dan berfungsi meredam getaran. Gbr.1 Gbr.2 Gbr.3 Karena berlokasi di bawah, jadi sulit terpantau kondisinya. Selain itu walau kotor, agaknya jarang pemilik mobil yang mau membersihkannya. Padahal untuk membersihkannya cukup mudah, tinggal memanfaatkan sikat dengan guyuran air.

Service Guidance - Dampak Pindah Gigi Kasar
Secara sadar atau tidak, banyak pengguna motor bebek melakukan pindah gigi sangat kasar. Tuas persneling diijak dan dilepas mendadak seperti pembalap. Padahal pembalap beneran kan dilengkapi kopling manual.

Service Guidance - Awas Jarum Skep Ninja 250 Tertukar
Hendrik yang pedagang sekaligus pemilik bengkel motor build up, Probike, bingung bukan kepalang karena Kawasaki Ninja 250R miliknya ogah langsam setelah karburatornya dibongkar

Problem Solving - Akal-Akalan Demi Keselamatan
Di era '90-an, kita tentu kenal tokoh serial TV; MacGyver yang diperankan Richard Dean Anderson. Yup! Pria berambut pirang ini selalu banyak akal, Cuy! Ilmu pengetahuan dipadu teknik akal-akalan kerap jadi andalan untuk meloloskan diri dari bahaya.

Problem Solving - Atasi Power Window ATOZ Ngada
Peranti power window sudah semestinya tidak bikin repot tangan. Berbeda dengan yang dialami Lia saat mengoperasikan power window kanan depan Atoz, keluaran 2003 yang digunakan sebagai kendaraan operasional kantornya.

Oto Tips -Gigi Empat Jupiter MX135 Ngedrop?
Banyak pemilik Yamaha Jupiter MX mengeluh; saat perpindahan gigi dari tiga ke-4 merasakan power mesin seperti ngedrop. Lalu untuk mencapai puncak gigi empat memerlukan waktu cukup lama dan panjang. "Enggak nyambung seperti yang lainnya," kata I Wayan Nonad, warga Denpasar, pemilik Jupiter MX keluaran 2008.

Service Guidance -Perawatan Rem Teromol Saat Hujan
Peranti vital kendaraan salah satunya adalah rem. Pengurang laju ini, harus dalam kondisi prima di setiap saat. Tak peduli musim panas, musim duren atau pun musim hujan, rem harus melaksanakan tugasnya dengan baik. Namun ada penyakit kerap kumat kala musim hujan. Jika penggunanya bisa terkena influenza, rem sakit ketika mobil sudah selesai digunakan. Penyakit apakah itu?

Service Guidance - Deteksi Komstir Thunder 125 Oblak
Cesar Reza, pemilik Suzuki Thunder 125 merasa risih akibat getaran oblak yang ditimbulkan di sekitar komstir dan mesin miliknya. "Saat dipakai jalan mulus, oke. Tapi saat melahap poldur atau lubang, motor terasa mau rontok," jelas Reza.

Service Guidance - Solusi Jarum Indikator RPM Satria F150 Ngaco
Ahmad Dayan lagi asyik-asyiknya naik Suzuki Satria FU 150 di jalan. Eh, mendadak jarum indikator tunggangannya itu gak sinkron sama suara raungan mesin alias mati. Tapi dalam hitungan jari, tuh jarum normal lagi, terus ngaco lagi. "Wah, hidup segan mati tak mau, nih!" umpatnya.

Oto Tips - Pasang Fitur Side Stand Switch
Ide memodifikasi motor kesayangan, bisa muncul dari mana saja. Malah kadang, gagasan itu didapat dari besutan lain yang gak sama jenis dan mereknya dengan yang di rumah. Selagi gak ngerugiin, ya sah-sah aja. Tul gak?Ide memodifikasi motor kesayangan, bisa muncul dari mana saja. Malah kadang, gagasan itu didapat dari besutan lain yang gak sama jenis dan mereknya dengan yang di rumah. Selagi gak ngerugiin, ya sah-sah aja. Tul gak?

Merawat Interior- Merawat Fabric, Usir Noda Membandel
- Membahas debu atau noda yang nyangkut maupun ngumpet disela-sela jok memang enggak ada habisnya. Pasalnya kotoran ini akan selalu ada meski sudah dibersihkan tiap hari. Terlebih kalau jok mobil berbahan dasar dari fabric alias bahan atau kain.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Sponsored Links

Solusi jika langsam Thunder 125 ndut - ndutan..
Sebagai salah satu pengguna Suzuki Thunder 125, Salahudin Tshabit selalu murung dan mengeluh. Sebab ...

Subtitusi kampas kopling satria 2 - tak ke Smash?
Memang enggak enak kalau lagi kerja diadang masalah. Pikiran jadi kacau. Hal inilah yang dialami Bay...

Honda Absolute Revo - Tambah pakem, absolute revo aplikasi rem belakang model cakram!
Mau pasang rem belakang cakram di Honda Absolute Revo (HAR)? Gampang! Sekarang banyak kok, peranti i...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru