Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Tips dan Trik

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Ubah PCD Velg, Jangan Abaikan Safety
Dalam kamus "gaul otomotif" ada disebut bubut PCD. Apa itu? Tak lain mengubah jarak antar baut roda pada teromolatau lebih dikenal dengan istilah Pitch Circle Diameter (PCD). Itu dilakukan karena tidak sesuai dengan lubang velg yang ingin dipasang.

Mesin Injeksi Pincang - Tak Ada Kabel Soket Pun Jadi
Si gondrong sedang bingung, mesin besutannya mendadak pincang. "Wah, gimana nih? Biasanya Cuma cek busi dari kabelnya. Kalau mesin injeksi begini apanya yang dicek ya? Kan sudah enggak ada kabel busi lagi," gumamnya. Untung ada bantuan teknis dari bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel. "Cabut saja soket koilnya," bilang Taqwa

Honda Diagnostic System (HDS) - Rekam Medis Supra Injeksi
Menggeser paradigma kuno menuju pemikiran modern emang tidak mudah. Ambil contoh soal motor injeksi, selama ini konsumen terbiasa bongkar pasang karburator. Begitu dihadapkan pada perangkat pengabut bensin serbaelektrik, konsumen jadi mikir dua kali.

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (1)
Varian diesel dari Toyota Kijang Innova sempat menghilang dari peredaran. Namun tahun silam kembali hadir seiring isu membaiknya kualitas solar. Malah diikuti Toyota Fortuner diesel yang pakai mesin sama dengan Innova. Nah para maniak Innova dan Fortuner diesel bisa bikin besutan kian ngacir.

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (2)
Innova dan Fortuner diesel belum mengadopsi intercooler seperti diusung Toyota Hilux Vigo. Aliran suhu udara yang dikeluarkan turbo tentunya berbeda dengan adanya intercooler tersebut. "Aplikasinya bisa lebih bermanfaat jika digunakan untuk perjalan ke luar kota atau jalan yang relatif lancar saja. Namun jika digunakan dalam kota dengan jalan yang macet membuat kurang efektif rasanya," ujar Usman Adhie, service manager PT Tunas Ridean TBK.

Tips Mobil - Dampak Copot Katalisator
Catalytic converter atau disebut juga katalisator, sebagai penyaring gas beracun dari sisa pembakaran mesin sering disingkirkan untuk mencari performa.

Service AC Mobil - Cukup Rp 75 Ribu, AC Dingin Dan Irit Bensin
Menghemat pemakaian bensin tidak selalu harus pakai alat penghemat BBM. Ternyata, lewat perawatan sistem AC agar selalu bekerja normal pun juga bisa menghemat pemakaian bensin. Lho kok bisa ya?

Service Guidance - Awas! Kabel Busi Bikin Boros BBM
Jangan kaget kalau ada yang bilang kabel busi bisa bikin boros bensin (BBM). Sebab kualitas kabel busi sangat mempengaruhi mutu pengapian. Lha kalau pengapiannya busuk, jelas bensinya ikutan boros.

Service Guidance - Panduan Kuras Radiator
Fungsi radiator sebagai pendingin mesin tentunya jamak diketahui semua kalangan. Tetapi apa yang harus dilakukan untuk merawatnya kadang terlewat. Padahal saat part tersebut rusak, akan menyebabkan temperatur mesin meningkat, sehingga bisa membuat jebol jeroan mesin.

Service Guidance - Knalpot Innova Disumbat Bensin Hemat
Knalpot disumbat jangan selalu dianggap berefek negatif. Buat sebagian mobil malah bikin konsumsi BBM lebih irit. Lewat sedikit penghalangan yang 'disengaja' pada pipa saluran gas buang, tekanan balik gas akan timbul.

Service Guidance - Lumasi Engsel Pintu Hilangakan Berisik
Perubahan suhu, air, debu dan kotoran bisa memberikan efek banyak. Pada mobil, salah satu dampaknya pada engsel-engsel. Kalau lama tak dibersihkan, engsel ini akan mengeluarkan bunyi-bunyian dan seret ketika dioperasikan. Contoh pada engsel pintu, ketika pintu dibuka atau tutup akan mengeluarkan bunyi yang tak enak didengar dan jadi seret.

Black Auto Tips - Awas! Salah Setelan Mesin Bisa Bikin Boros
Mengendarai mobil dengan benar serta lihai memilih jalur bebas macet, logikanya konsumsi bahan bakar (BBM) mobil Anda seharusnya bisa lebih irit bukan? Tapi jika tetap saja boros, kira-kira apanya ya? Jangan-jangan setelan mesin mobil Anda yang tidak tepat dan membuatnya justru rakus BBM.

Tips Mengatasi Kaca Berembun - Modalnya Cuma Shampoo Rambut
Kondisi AC mati sementara di luar hujan sangat deras, memang bikin suasana mengemudi jadi enggak keruan. Pasalnya jarak pandang ke arah depan kelamaan bakal terganggu, lantaran kaca depan berembun akibat perbedaan tekanan udara.

Service Guidance - Penyebab Mobil Matik Mbrebet
Pada mobil matik, masalah pada kerusakan pompa bahan bakar dengan kerusakan transmisi kadang susah dibedakan karena gejala-gejalanya yang mirip. "Masih bisa dibedakan cuma harus teliti," urai Ng Seng Tjiang dari bengkel spesialis transmisi otomatis HS yang terletak di Jl. Kepu Selatan No.34, Jakpus

Black Auto Tips - Alat Penghemat BBM. Apakah Terbukti Bermanfaat?
Memilih alat penghemat bahan bakar mobil sebaiknya dilakukan dengan cermat dan bijak. Jangan hanya asal ikut-ikutan apalagi hanya terbuai rayuan si pedagang. Alangkah baiknya pelajari betul product knowledge serta fakta-fakta manfaatnya. Agar Anda tidak kecewa setelah menggunakannya. Sebagai panduan, Black Auto Tips telah merangkum data dan fakta ragam alat penghemat BBM selama beberapa tahun terakhir

Service Guidance - Bikin Nyaman Daihatsu Gran Max (1)
Meski ada beberapa varian minibus, Daihatsu Gran Max juga disiapkan sebagai kuda beban. Maksudnya, siap menjadi mobil niaga dan angkutan karena juga tersedia varian pikap dan blind van. Uniknya, kapasitas kabin sangat lega. Namun tetap ada beberapa sektor yang bisa dapat sentuhan demi kenyamanan. Seperti beberapa surat yang masuk ke redaksi mengeluhkan kerasnya suspensi Gran Max minibus. Jangan kuatir, OTOMOTIF kumpulkan berbagai trik menarik buat Gran Max

Service Guidance - Bikin Nyaman Daihatsu Gran Max (2)
Ribet mengatur kaca spion? Pastinya, karena spion masih harus disetel manual. Menambah kenyamanan mengemudi, Gran Max bisa dipasang electric mirror. Enggak ribet, karena aksesori seharga Rp 1,150 juta ini sudah sesuai dengan dudukannya di pintu. "Posisi tombolnya juga tersedia di dasbor. Jadi lebih rapi," sambung Aeng lag

Throuble Shooting - Atasi Sein Ogah Berkedip
Herdi, sedang asyik berkendara menggunakan motor Yamaha Mio miliknya. Nah, saat tiba di suatu persimpangan, ia pun langsung membelokkan motornya ke arah yang dituju. Namun apa yang terjadi sungguh sangat di luar dugaan

Audio Mobil - Cegah Speaker Jebol
Setelah mengganti speaker bawaan mobil dengan versi aftermarket, perlu treatment khusus agar komponen penghasil suara ini tak mudah terkena air. Pasalnya celah di antara pelat, memungkinkan air hujan merembes masuk ke bagian dalam panel pintu. Hal ini lah yang menyebabkan bagian spider di balik konus speaker, rentan terkena cipratan air yang masuk melalui celah tadi. Kerap terjadi Toyota Innova, Avanza hingga Honda Jazz

Product Knowledge - Musim Hujan Bohlam Gampang Putus?
Musim hujan bisa jadi berkah buat bengkel-bengkel spare-part. Bukan hanya permintaan wiper naik, namun ternyata juga merambah ke bohlam pada lampu utama mobil. "Percaya atau tidak, kala mampir ke bengkel langganan saya untuk ganti bohlam yang putus, ternyata ada lima 'korban' serupa," terang Hardi, warga Kalapa Gading, Jakut yang naik Toyota Camry 2004. Memangnya ada hubungan apa musim hujan dengan bohlam putus?

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Sponsored Links

Kuras air radiator Honda CBR 150?
Sudah tahu, kan? Fungsi radiator sebagai peranti pendukung pendingin mesin saat berkendara, baik jar...

Kelebihan Profil Ban Motor Model U dan V
Pemasangan ban pada pelek ikuti sesuai petunjuk pabrik Bentuk tapak ban sepeda motor sangat berpeng...

Lexus LF-Ch Kompetitor BMW Seri-1 dan Audi A3
Lexus, terus merentangkan sayap dan memperkuat daya saingnya di segmen mobil mewah. Bila sebelumnya,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru