Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Tips dan Trik

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Trouble Shooting - Atasi Tiger Revo Nembak
Meski terbilang baru, bukan berati motor kesayangan bebas rewel di tengah jalan. Semua tergantung kondisi (jalan atau perawatan). Seperti dialami Ardi, pemilik Honda Tiger Revo 2008. Mendadak, di knalpotnya nembak-nembak, dar.. der.. dor...

Service Guidance - Bikin Irit Mio Pakai Spuyer Kaze
Seliter Premium Rp 6 ribu! Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pemakaian bensin ini. Seperti dipraktikkan Ahmad, mekanik Hansen Motor (HM). Dia eksperimen di Yamaha Mio dengan pakai spuyer motor lain yang sama-sama pakai karbu vakum.

Service Guidance - Pengaruh Celah Busi Terhadap Konsumsi BBM
Celah alias gap busi yang sering dianggap sepele, ternyata bisa jadi faktor penyebab borosnya konsumsi BBM di motor. Makanya perawatan rutin alias servis berkala jadi sangat penting dilakukan. Salah satunya, pengecekan celah busi untuk mendapat konsumsi BBM paling ideal.

Uji Teknologi - Apakah Teknologi AIS Bermanfaat?
AIS (Air Induction System) di Yamaha, PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) pada Suzuki dan SASS (Secondary Air Suplay System) pada Honda diklaim sebagai alat pendukung ramah lingkungan. Tapi banyak motormania bilang, itu cuma bahasa marketing ATPM.

Utilitas - Seting Spion Cegah Nyangkut
Bagi pemilik motor Honda tipe lama atau beberapa motor merek lain kadang merasa punya masalah dengan posisi spionnya. Alat bantu melihat kondisi di belakang saat berkendara ini ada yang punya posisi terlalu keluar. Jadi bila dibandingkan posisinya antara spion dan ujung stang, ujung spion lebih keluar.

Service Guidance - Deteksi Indikator Bensin Ngaco
Berdasarkan pengalaman mengecewakan yang pernah dialami, Agus, warga Ciputat, Tangerang yang juga pemilik Suzuki Shogun 110 ini belakangan lebih teliti terhadap isi bensin di tangki. Dia selalu ngecek tunggangan sebelum dipakai beraktivitas.

Cek List Komponen Fast Moving - Patokan Aman Sebelum dan Setelah Mudik
Sudah jadi kebiasaan kalau mau pulkam alias pulang kampung, bikers mendata komponen fast moving mana saja yang perlu dicek, dirawat atau bahkan diganti. Maksudnya biar tunggangan tetap lancar saat mudik basamo nanti.

Service Guidance - Inreyen Motor Oversize (4-Tak)
Berkendara bisa terkendala kalau abis turun mesin atau oversize. Atau motor masih baru keluar dealer. Sangat sayang dan dikhawatirkan cepat rusak. Atau jangan-jangan harus ulang kembali oversize-nya. Untuk itu perlu perlakukan khusus.

Modifikasi Guidance - Skywave dan Spin Pakai Piston Smash
Banyak penikmat adu kebut bertanya. Terutama, pemilik Suzuki Skywave 125 atau Spin 125. Ya, bagaimana caranya dongkrak power. Apalagi, part racing buat skubek Suzuki masih tergolong jarang. "Sebenarnya bisa juga pakai piston Suzuki Smash, tapi hanya sebatas menaikan kompresi mesin," bilang Adri, salah satu penyuka adu kebut yang besut Skywave 125 dari Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Utilitas - Yuk Ganti Roller CVT Sendiri
Terkadang ada satu hal yang tak perlu dilakukan sama yang ahli. Misalnya, ganti roller di skubek kesayangan. Tentu kudu tahu cara bongkar dan pasang yang baik dan betul! Maksudnya biar hasil yang didapat sempurna dan sesuai sama apa yang diinginkan.

Service Guidance - Bikin Aliran Oli Baru Pada Suzuki Smash
Rantai keteng Suzuki Smash 110 mudah kendur. Umur penggantian lebih cepat dibanding motor lain. Wajar jika sering jadi pertanyaan pengguna bebek andalan Suzuki itu walau nggak sampai komplain ke pabrikan

Service Guidance - 10 Solusi Kerusakan Head Unit
Rentan di motor penggerak dan sensor-sensor, head unit sebagai komando sekaligus sumber suara juga rentan dengan berbagai masalah kerusakan. Maklum, peranti elektronika ini punya kontak langsung dengan tangan-tangan manusia

Modifikasi Guidance - Pilih CDI Mio Karena Limiter Lebih Tinggi?
CDI Yamaha Mio, banyak dipakai di motor semerek tipe lainnya. Itu karena dianggap ampuh mendongkrak power. Beberapa motor yang telah coba pakai CDI ini pun, serempak menjawab karena CDI Mio ini non-limiter. Betul begitu?

Service Guidance - Deteksi Honda Vario Kurang Responsif
Pengguna Honda Vario standar banyak yang nggak sabaran. Gas dibuka setengah, tapi putaran mesin seperti telat mengail tenaga. Dicurigai ada problem di karburator. Naik-turun skep bermasalah. Kemungkinan besar dari membran karbu

Modifikasi Guidance - Dongkrak Performa Honda Blade 110R
Asli pabrik, Honda Blade 110R mengusung desain bodi sport banget. Tapi, tenaganya dipastikan masih kurang namanya juga standar pabrik. Namun kalau mau diutak-atik dikhawatirkan mesin jebol. Trus gimana dong?

Modification Guidance - Korek Honda Blade Spek Road Race
Bagi yang menyaksikan langsung kejurnas Motoprix seri pertama di sirkuit Delta Mas bulan lalu pasti geleng-geleng kepala lihat Honda Blade milik Tim Honda Banten. Motor gres dari PT Astra Honda Motor (AHM) ini melejit di barisan terdepan di antara Yamaha Jupiter Z yang selalu mendominasi jalannya road race tanah air.

Service guidance - Ganti bohlam spidometer Honda Tiger!
Agar panel spidometer dan takometer Honda Tiger bisa terlihat saat berkendara di malam hari, maka di dalam perangkat tersebut ada bohlamnya. "Masing-masing instrumen dilengkapi bohlam 5 watt/12V," kata Endro Sutarno, bagian training PT Astra Honda Motor (AHM)

Modifikasi Guidance - memasang rem cakram belakang di scorpio!
Dari pabrik pembuatnya alias PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Scorpio emang udah dirancang pakai rem cakram (depan) dan teromol (belakang). Kemampuannya diakui cukup andal. Tapi begitunya, masih aja ada yang nganggap kurang.

Substitusi Part - Substitusi gir set Yamaha V-Ixion!
Kalau setelan rantai sudah mencapai batas akhir, mata final gear terlihat mulai meruncing alias sudah aus, sebaiknya segera ganti deh satu set. Sebab kalau hanya ganti salah satunya saja, komponen tersebut akan cepat termakan. Misal yang tadinya kuat sampai 1 tahun, eh, cuma bisa bertahan 6 bulan.

Upgrade Performance - Reamer batang cuk?
Ada beberapa treatment yang dilakukan pada karburator, agar tenaga motor standar jadi terdongkrak. Salah satunya, adalah utak-atik ukuran main atau pilot jet, mengganti skep dengan ukuran yang lebih besar dan ada juga yang mereamer lubang venturi karburator.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ]

Sponsored Links

Umum -Cara Praktis Amankan Kaliper Rem
Sungguh hal yang sangat menyakitkan jika kita kehilangan barang. Terlebih bagian yang sangat vital p...

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (2)
Innova dan Fortuner diesel belum mengadopsi intercooler seperti diusung Toyota Hilux Vigo. Aliran su...

Yamaha V-Ixion - Problem V-Ixion susah oper gigi, nok harus sejajar bro!
Pernah suatu ketika, bengkel resmi Yamaha Amie Jaya Motor (AMJ) menerima keluhan konsumen pengguna Y...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru