Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Memperbaiki

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Mengatasi rem belakang Suzuki Spin bagel?
Tak bisa dipungkiri, dalam keadaan apapun yang namanya perangkat pengereman mutlak bekerja maksimal. Dan jadi sangat penting bila motor tersebut tidak bisa memanfaatkan deselarasi mesin seperti engine brake di skutik.

Suzuki Satria FU150 - Aplikasi gas spontan aftermarket untuk FU150!
Buat Anda penyuka ajang adu kebut, ada perangkat tambahan nih untuk motor kesayangan Sampeyan. Peranti yang akan kita bahas adalah gas spontan (GS) berlabel Bungbon dari Thailand. Selain fungsi peranti ini untuk mengail rpm tinggi lebih cepat. Karena cukup pelintir grip gas sedikit, gak perlu lebar-lebar kayak grip gas biasa. GS Bungbon ini juga punya kelebihan lain, dengan harga Rp 225 ribu, sudah dilengkapi tombol elektrik starter dan tombol engine cut-off, lo (gbr.1).

Service guidance - Trik menyetel rantai roda?
Dengan muka bete, Dino curhat ke Anto. Malam minggu lalu, dia abis dijutekin pacarnya; Vira. Gara-gara, rantai motor putus, mereka batal jalan-jalan. "Padahal, malam itu Vira udah dandan secantik mungkin," keluh Dino ke sahabatnya itu.

Problem solving - Atasi suara berisik di bodi motor bebek?
Pemilik tunggangan bebek di atas 2 tahun, kerap kali merasa enggak nyaman dengan bunyi-bunyian di sekitar bodi. Nah setelah ditelusuri, suara bbrrr.. yang didengar timbul akibat bodi-bodi yang saling bergesekan akibat getaran mesin.

Atasi kabel gas skutik nyangkut - Trik tepat di saat darurat?
Saat digas, pada putaran mesin tertentu (biasanya di 2.000-2.500 rpm) skutik akan langsung berakselerasi. Sebab transmisinya kan otomatis. Sehingga tak perlu pake masukin persneling lagi.

Problem solving - Perkuat lampu belakang Suzuki Smash bro!
Yanuar Rahman mahasiswa perguruan tinggi Moestopo Jakarta sempat merasakan malu ketika dalam perjalanan ke kampus. Kenapa? Tanpa disadari lampu belakang Suzuki Smash kesayangannya lepas dan menggantung ke luar. Ih, jadi terkesan enggak merawat motor, nih!

Keran vakum Yamaha Mio ngadat?Dibikin manual, pasti bisa kok!
Untuk para otomania yang hobi tarik ulur kabel gas, maksudnya wirawiri pakai kuda besi, pasti jengkel kalau berhadapan dengan karburator mbrebet enggak jelas.

Suzuki Satria FU-150 - Bikin rem belakang agar makin pakem!
Hayo apa beda pengereman depan dengan belakang pada motor bebek. Yup di bagian haluan, semuanya sudah pakai sistem cakram. Sementara di bagian belakang, masih ada yang pakai sistem teromol. Iya, kan?

Fuel pump V-xion ngadat ganti yang baru!
Di rubrik Dialog edisi No.04 dan 05/XIX 2009, sempat dimuat SMS pembaca yang mengungkapkan masalah Yamaha V-Ixion. Keluhannya, bila parkir di tempat panas, motor jadi enggan hidup. Hal sama ditemui di beberapa milis di internet.

Sokbreker depan Honda Vario CBS Techno - good bye jedag - jedug Vario Techno?
Ada rasa penasaran saat Mr. Testo test ride Honda Vario CBS Techno. Sokbreker depannya terasa lebih nyaman dibanding generasi pertama. Tak ada lagi bunyi jedag-jedug bila melewati jalan tak rata atau polisi tidur. 

Service guidance - Intake manifold Satria F150 bocor = boros BBM?
Tingginya jumlah penjualan motor di Tanah Air, sayangnya tak berbanding lurus dengan pengetahuan pemiliknya. Artinya, pengguna motor umumnya cuma tahu pakai tok! Enggak ngerti perawatan. Sehingga, begitu didera masalah, baru deh kelimpungan alias bingung.

Setel karburator dengan benar, supaya lolos uji emisi?
Wacana uji emisi di motor yang digulirkan Pemprov DKI kembali menuai beragam reaksi. Terutama di kalangan motormania, menimbulkan keresahan tersendiri. Khawatir kalau-kalau besutannya nanti tak lulus pengujian kadar polutan dari bengkel yang sudah disertifikasi.

Ganti gir Honda Supra Fit, kretek - kretek pun akan hilang!
Selama ini, Abet Nugraha selalu resik soal perawatan di Honda Supra Fit-nya. Makanya, kalo besutannya problem, dia bisa langsung ngerasain. Seperti dialami beberapa waktu lalu, "Pas lagi jalan, ada bunyi kretek-kretek di bagian gir depan. Gue yakin, pasti peranti bermasalah!" ucapnya.

Panduan ganti oli - Awas terlalu banyak isi oli mesin, bisa bikin air filter rusak!!!
Secara fungsi, oli mesin dipakai untuk meminimkan gesekan antar part yang ada di dalam mesin. Bila tidak ada oli, maka part-part yang kebanyakan terbuat dari bahan metal tersebut jadi cepat aus. Oleh karena fungsinya yang cukup vital, maka sangat dianjurkan secara teratur untuk mengganti pelumas mesin tersebut.

Oto Tips: Starter Elektrik Yamaha Scorpio - Starter Elektrik Yamaha Scorpio Ngadat? Bisa Jadi Karena Laher Starternya Rusak!
Bagi pemilik Yamaha Scorpio pasti pernah menemui masalah seputaran elektrik starternya. Mungkin karena termakan usia atau perangkat di sistem starter sudah tak bekerja dengan baik.

Ganti brush, starter tokcer kembali dan lebih halus..
Pernah ngalamin starter otomatis susah hidup? Padahal tegangan aki masih bagus (12,3 Volt) serta bendik stater/relay starter juga bekerja normal. Tak usah bingung. Sebab hal ini bisa dicek atau dilakukan penggantian onderdilnya sendiri.

Modifikasi Honda Vario Bore - Up - Pilihan karburator untuk Vario Bore - Up, sesuaikan mesin dan kebutuhan
Bore-up Honda Vario? Agar tarikan tetap mumpuni, otomatis karburator aslinya yang tipe vakum ukuran 22 mm harus diperbarui dan disesuaikan dengan kebutuhan mesin, dong. Umumnya sih, model skep manual dan berventuri besar.

Ganti Gir Honda Supra Fit, kretek - kretek pun hilang!
Selama ini, Abet Nugraha selalu resik soal perawatan di Honda Supra Fit-nya. Makanya, kalo besutannya problem, dia bisa langsung ngerasain. Seperti dialami beberapa waktu lalu, "Pas lagi jalan, ada bunyi kretek-kretek di bagian gir depan. Gue yakin, pasti peranti bermasalah!" ucapnya.

Solusi jika langsam Thunder 125 ndut - ndutan..
Sebagai salah satu pengguna Suzuki Thunder 125, Salahudin Tshabit selalu murung dan mengeluh. Sebab besutannya belakang ini agak bermasalah. Sampai-sampai, ia hendak menjual tunggangannya karena kesal. Kenapa Bro?

Custom Sprocket Fixing Honda Tiger..
Buat pengendara Honda Tiger, coba perhatikan gir belakang. Ada 4 buah besi penahan (sprocket fixing) yang dibaut pada perangkat tersebut (gbr.1). Fungsi besi penahan itu, sebagai as saat gir dipasang pada lubang dumper yang letaknya pada teromol bagian kanan.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Sponsored Links

Pemasangan poros aksel belakang
Pemasangan poros aksel belakang

Service Guidance - Deteksi Indikator Bensin Ngaco
Berdasarkan pengalaman mengecewakan yang pernah dialami, Agus, warga Ciputat, Tangerang yang juga pe...

Modifikasi Guidance - Pasang Takometer di Mobil Injeksi
Simpel tapi penting. Itulah keberadaan takometer atau biasa disebut rpm. Sederhana karena hanya beru...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru