Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ]

Service Guidance - Dampak Engine Mounting Rusak
Sudah kodratnya engine mounting diciptakan untuk menjaga pondasi mesin mobil. Boleh saja mesin goyang regae kala berakslerasi atau deselerasi, namun bodi mobil atau penumpang dilarang ikutan. Karet fleksibel namun kokoh ini bagai pagar menjaga tanaman. Sayang seiring umur yang bertambah, banyak gejala kerusakan yang setelah dianalisa, ternyata disebabkan engine mounting. Bukan hanya goyangan, namun juga mesin panas, pipa knalpot pecah hingga as roda yang rusak. Apa saja yang mesti diperhatikan sebelum terjadi pagar makan kebon?

Service Guidance - Baut Jok Kendor, Kabin Berdencit
Jok disediakan oleh pabrikan untuk kenyamanan penumpang. Namun terkadang juga, jok ini dilepas dari dudukannya ketika akan membawa suatu barang yang besar atau barang dalam jumlah banyak. Hati-hati jika sering melakukan bongkar pasang jok ini

Utilitas - Usir Kaca Berjamur
Hujan sudah kerap kali turun membahasi bumi dan segala isinya. Termasuk mobil kesayangan. Sayang, guyuran air hujan di kaca tetap tak bisa sepenuhnya bersih. Bias lampu masih saja menghalangi padahal wiper sudah ganti baru. Wah bikin pandangan lamur. Coba lihat secara miring ke kaca depan, kemungkinan besar ada si jamur kaca

Service Guidance - Cek Pengisian Aki Motor
Elektrik starter motor macet? Wah bisa merepotkan deh, soalnya biker kudu pakai kick stater buat ngidupin mesin. "Salah satu pemicu hal itu terjadi karena aki tekor," urai Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor di Jl. Arteri Kelapa Dua No.5, Kebon Jeruk, Jakbar. Ganti aki? Eit, tunggu dulu! Mending, biar gak buang-buang duit, cek dan ricek dulu sistem pengisian. Agar lebih pas penangannya

Service Guidance - Bikin Kinclong Mika Lampu
Sudah bukan rahasia lagi saat berkendara di kala hujan membutuhkan mata yang lebih tajam. Begitu pula dengan sorot lampu, karena tugasnya membantu mata maka sorotnya juga harus lebih tajam. Apalagi saat hujan di malam hari. Tapi bila kendaraanya sudah berumur bisa jadi lampu tak terang lagi

Service Guidance - Modal Angin Bersihkan Washer
Hujan telah tiba, kondisi washer atau air pembilas wiper harus prima. Salah satu yang harus dijaga adalah kebersihan komponen-komponen utama pada rangkaian ini

Perawatan Musim Hujan - Cegah Karet Kaca Bocor
Hampir bisa dikatakan kebocoran pada kabin saat hujan deras, banyak disebabkan oleh celah yang timbul pada sudut kaca. Kondisi ini umumnya merupakan efek samping dari umur pakai karet kaca, dan biasanya terjadi pada besutan berusia lebih dari lima tahun

ADo it Yourself - Atasi Spidometer Thunder Ngadat
Emang nyebelin kalau indikator kecepatan motor atau istilah kerennya spidometer ngadat. Seperti yang dialami Cesar Reza (CR), salah satu pengguna Suzuki Thunder 125 lansiran 2008. "Dari pertama beli, spidometer belum pernah gue utak-atik atau putus. Eh tau-tau sekarang malah mati sendiri," ujarnya sebel.

Cegah Mobil Bocor Kala Hujan
Bocor selalu memberi hasil yang tidak menyenangkan, bahkan di mobil sekalipun. Padahal salah satu keunggulan mobil, ketika hujan anggota badan tak perlu ikut-ikutan basah. Bocor bisa terjadi karena jalur air terhambat sehingga alirannya tak lancar.

Throuble Shooting - Deteksi Asap Knalpot Motor 4-Tak
Motor tipe 2-Tak ngebul? Itu biasa. Kan, oli sampingnya sekalian pelumas seher. Jadi ikut terbakar hawa bensin di ruang bakar. Lha, kalo terjadinya di 4-Tak? "Itu baru gak biasa," ujar Supri pebengkel Fuji Motor (FJ) di Rempoa, Jaksel

Modifikasi Guidance - Mencangkok Karbu Pakai Adaptor
Mencangkok karburator besar udah jadi tren motor kencang. Namun, demi hasil terbaik, menurut Hariyadi, mencangkok karbu kudu teliti. "Kayak nyangkok pohon, sambungannya harus rapat. Nyangkok karbu besar harus rapat ke intake agar asupan bensin yang besar tidak sia-sia," bilang mekanik bengkel Haris Motor di Jl. H. Kafi, No. 38, Ciganjur, Depok.

Problem Solving - Masalah Gir Depan Honda Tiger
Jika sudah lama dipakai, Honda Tiger kerap bermasalah pada gir roda depan. Awalnya dari spi pengikat aus akibat sering kena entakan. Kemudian akan mengikis permukaan alur spi dan as gir (gbr.1).

Service Guidance - Awas! Uap Panas Air Aki
Aki merupakan kebutuhan penting bagi setiap kendaraan. Rasanya komponen kelistrikan tak akan mau berfungsi jika aki bermasalah. Tapi jika aki dalam keadaan baik tapi memberi masalah di sekitarnya, itu yang patut dicurigai. Cerita berikut terjadi di varian Daihatsu Sirion, namun bisa juga terjadi di tiap mobil yang memiliki aki setipe dengan aki yang dipakai oleh Daihatsu Sirion

Merawat Bodi - Hapus Baret Halus Handel Pintu
Sambil memandang jari lentiknya, Lolita tersenyum dalam hati. "Senangnya abis meni-pedi, kuku jari terawat dan mengilap," gumamnya. Pas nih dengan kilau mobil baruku. Hati gadis muda itu pun riang, karena baru saja menebus mobil baru 3 bulan lalu. Tetapi kala akan membuka pintu... "Waaahh... kok baret-baret sih?" ujarnya setengah berteriak. Tukang parkir dekat salon pun keheranan. Ada apa non?

Service Guidance - Ganti Oli Sok Depan Satria FU150
Sebagai peranti pendukung kenyamanan, sokbreker kudu rutin dirawat. Terutama olinya, pada batas waktu tertentu perlu diganti (misal 15.000 km). Kalo enggak, tak mustahil bisa mengancam jiwa.

Problem Solving - Jika Alarm Avanza Cerewet Dan Low Batt
Hampir semua varian Avanza baik tipe E, S dan G sudah dilengkapi alarm sebagai perlengkapan standar. Peranti keamananan ini memang bukan dipasang oleh pabrikan PT Toyota Astra Motor(TAM), namun sudah divendorkan atau outsourcing kepada dua rekanan.

Service Guidance - Merawat Cover Lampu
Beberapa lampu tambahan kerap dilengkapi dengan penutup yang berfungsi sebagai pelindung kaca lampu. Namun, sang pelindung pun tetap mendapat ancaman kerusakan

Service Guidance - Amankan Klakson Avanza Dari Maling
Untung tak dapat diraih, malang tak bisa ditolak. Seorang rekan redaksi bercerita telah kehilangan klakson Toyota Avanza miliknya. Menurutnya, saat kejadian sedang parkir dan tidak ada bunyi alarm sama sekali. Ia pun mencurigai klakson yang mudah 'diakali' si tangan panjang

Perawatan Mobil - Semir Plastik Eksterior Cegah Pudar
Suatu ketika, meja redaksi menerima sebuah email dari seorang pembaca. Uniknya, email ini bukan berisi pertanyaan atau atau surat pembaca. Melainkan untaian trik menarik. Sang pengirim bernama Dani Indra membeberkan pengalamannya dengan mobil kesayangan. Terutama saat ia melakukan perawatan seputar eksterior. Yuk, kita simak bareng trik dari Indra ini.

Service Guidance - Deteksi Problem Disk Brake Dari Bunyi
Ada 3 bunyi khas (nguuk-nguuk, sring-sring & srek-sreek) yang sering timbul pada sistem pengereman yang menggunakan cakram. Sekilas, bunyi yang muncul dari sumber yang sama ini hampir mirip. Tapi kalo dicermati akan terdengar bedanya. Selain itu, tiap bebunyian tersebut penyebabnya berbeda lo

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ]

Sponsored Links

Bikin Knalpot Replika Titanium
Klub otomotif tak cuma identik dengan kumpul-kumpul, ngebut atau saling pamer. Di sisi lain, terkada...

Service Guidance - Bersihin Nosel Injeksi Yamaha V-Ixion
Coba tengok sistem pengabut bahan bakar yang diaplikasi pada motor Yamaha V-Ixion! Nah, motor yang d...

Service Guidance - Cara Membersihkan Tabung Wiper
Persiapan bulan Ramadhan, biasanya mobil dipakai untuk mudik. Sebaiknya mulai dicek dari awal apa sa...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru